Besok, Wali Kota Buka Festival Bahari

TERNATE-pm.com, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dijadwalkan membuka secara resmi festival Bahari dalam rangka merayakan Hari Jadi Kota Ternate (Hajat) ke 772, Minggu (27/11/2022). Festival dipusatkan Land Mark Ternate.

"Jadi besok Insha Aallah pak wali akan membuka secara resmi festival Bahari, yang di kemas dalam bentuk perlombaan berupa perahu hias, lomba dayung dan sejumlah kegiatan lainnya," ungkap, Kadis Pariwisata Kota Ternate, Rustam P Mahli, Sabtu (26/11/2022).

Rustam menjelaskan, dalam lomba ini, tentunya ada bekerja sama dengan TNI-AL dan Polri untuk melaksanakan pembersihan pantai. Namun, lebih pada pembersihan kedalaman laut dengan melibatkan komunitas penyelam (diving) se-Kota Ternate dan warga pesisir. Lomba dayung sampan diikuti dari berbagai kalangan, komunitas, lembaga, instansi, bahkan ada perwakilan dari kabupaten dan kota se-provinsi Maluku Utara," jelasnya.

Sesuai arahan wali kota, semua OPD juga turut berpartisipasi mendasain sejumlah kegiatan dengan melibatkan para komunitas yang ada di Ternate.

"Ini Instruksi Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman untuk mensukseskan kegiatan Hajat dan Sail Tidore," tuturnya.

Rustam menambahkan, dalam rangkaian kegiatan pembukaan pada 27 November 2022 nanti, akan ditampilkan atraksi dan konfigurasi tarian kolosal dengan formasi 772 tahun, serta melibatkan peserta kurang lebih 200 orang dengan tampilan bertulisan angka 772 sebagai simbol Hajat.*

Komentar

Loading...