Cafe Bungalow 3 di Halsel Ditutup, Pekerjanya Ilegal

Petugas Satpol PP Halsel saat razia di Cafe Bungalow 3.

LABUHA-pm.com, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), resmi menutup Cafe Karoke Bungalow 3 di Desa Labuha, Kecamatan Bacan.

Penutupan tempat karoke itu dilakukan, karena pada saat proses razia gabungan Satpol PP Halsel ditemukan adanya Minuman keras (Miras) di dalam cafe. Padahal sesuai izin, tempat tersebut hanya karaoke tanpan Miras.

"Kami temukan Miras di dalam cafe, sehingga sesuai Perda, kami langsung lakukan penutupan aktivitas sementara," ungkap Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah (Perda) Satpol PP Pemkab Halsel Irfan Jamjam, Sabtu (1/6/2024).

Irfan menambahkan, sebelumnya sudah pernah diingatkan, peredaran Miras di dalam cafe tidak dibolehkan, karena sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 9 tahun 2006 tentang Larangan Peredaran Minuman Keras di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan.

Cafe milik Tiong San itu sambung Irfan, ditemukan pekerja pemandu lagu (Ledies) tidak memiliki kartu pekerja dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Halsel.

"Kami akan koordinasi dengan Disnaker, jika tidak ada izin pekerjaan bagi tenaga kerja, maka LC yang bekerja harus dikembalikan ke daerah masing-masing," sambungnya.

Setelah penutupan sementara, Irfan menegaskan akan ada petugas yang disiagakan di Cafe Bungalow 3, sehingga bisa memantau kondisi tidak dibuka sebelum ada pemberitahuan lanjutan.

"Kami akan tempatkan petugas untuk memantau di Cafe Bungalow 3, agar tidak dibuka sebelum ada pemberitahuan atau koordinasi lebih lanjut. Intinya, ini penutupan sementara," tandasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Perselisihan Hubungan Industri (PHI) Kabupaten Halmahera Selatan, La Dama dikonfirmasi belum lama ini mengatakan, sejauh ini Dinas Ketenagakerjaan belum mengantongi data para pekerja cafe. Terhitung sepanjang 2023 baru 130 orang.

"Kami belum menerima data khusus dari para pekerja yang datang dari luar daerah khususnya kerja di sejumlah tempat hiburan malam di Halsel," pungkasnya.

Komentar

Loading...