Dibangun Tanpa Izin, Bungalow 3 Milik Tiong San Terancam Dibongkar

Kepala Bidang Koordinator PTSP, Husnatati Rusnan.

LABUHA-pm.com, Buntut dari penutupan sejumlah Tempat Hiburan Malam (THM) di Kabupaten Halmahera Selatan, kini mencuat fakta baru.

Penelusurusan media ini dengan menggali informasi  di Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), terungkap bahwa Cafe Bungalow 3 milik Tiong San ternyata dibangung di atas tanah resapan.

Kepala Bidang Koordinator PTSP, Husnatati Rusnan membenarkan pembangunan Cafe Bungalow Tiga di atas lahan resapan, tepatnya di belakang Marano, Desa Labuha, Bacan.

Menurut Dosen Universitas UNSAN Nurul Hasan Labuha itu, bangunan tersebut belum memiliki Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

"Setelah kami cek di sistem bangunan tersebut belum memiliki izin bangunan sama sekali," ungkap Husnatati, Kamis (6/6/2024).

Bahkan, kata Husnatati bangunan tersebut tidak bisa dibangun, karena memasuki kawasan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

"Tidak bisa dibangun pada wilayah, bahkan sudah cek di sistem. Kami Dinas PTSP tidak bisa mengeluarkan izin PBG di atas lahan resapan tersebut. Sudah tentu bangunan tersebut ilegal," tandasnya.

Meski begitu, pemilik bangunan tetap  memfungsikan tempat hiburan tersebut selama dua pekan terakhir, dan akhirnya ditutup Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) pada Sabtu 1 Juni 2024 kemarin.

Komentar

Loading...