poskomalut.com
baner header

Dorong Budaya Baca, Disarpus Malut Terapkan Layanan Kue BUBUR

SOFIFI-PM.com, Program Layanan Kunjungan Edukasi Baca Buku Semua Umur (Layanan Kue BUBUR) milik dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara mulai beroperasi. Hal itu ditandai dengan melakukan layanan disatu titik setiap hari di wilayah Sofifi. Demikian disampaikan kepala dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara Rahwan K Suamba.

Program yang dilaunching gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba 10 Oktober 2019 lalu resmi beroperasi sejak tanggal 02 Maret 2020. Selama tiga hari berturut-turut telah melakukan layanan kepada masyarakat di tiga tempat yaitu pangkalan ojek kantor gubernur, kawasan desa Balisosa dan desa Galala.

Menurut Rahwan, layanan ini mulai beroperasi setelah ditetapkan tenaga perpustakaan sebagai motor penggerak. Dengan menggunakan motor dan membawa 50 jenis pustaka yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka, motor tersebut mendapatkan pemustaka sebanyak 10 orang setiap hari.

Kadis berharap, pustaka (buku) yang banyak dan bermanfaat di perpustakaan kantor tidak hanya menunggu pemustaka datang ke kantor tapi mendekatkan mereka dengan menggunakan layanan tersebut. “Kita tidak hanya memberikan layanan di perpustakaan namun dengan adanya motor layanan Kue BUBUR dapat mendekatkan pemustaka untuk membaca setiap bacaan yang tersedia,” kata Rahwan.

Terpisah, Ruslan sebagai pegawai yang menggerakkan program tersebut merasa bermanfaat karena mampu mendekatkan buku kepada masyarakat yang ternyata sangat membutuhkan bacaan disaat waktu senggang. Ia berharap dinas Kearsipan dan Perpustakaanp dapat meningakatkan fasilitas berupa tambahan motor layanan untuk menjangkau pembaca yang tidak sempat mengunjungi kantor dinas.

Lanjut ucan panggilan Ruslan, memberikan layanan Call Order (telpon panggilan) kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan call order, ia akan mengantarkan langsung ke tempat pemustaka yang membutuhkan. “Kami juga membuka layanan call order untuk pemustaka sehingga pemustaka yang tidak berkesempatan datang akan kita antarkan,” tutup ucan. (iel/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: