Di Halbar, Paripurna Penetapan Berjalan Lancar

DPRD Kepsul Sahkan Cakada Terpilih

Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pultab Pengesahan Cakada Pulau Taliabu Terpilih

SANANA-PM.com, Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sula, Senin (22/2) siang kemarin, menggelar paripurna istimewa pengumuman dan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, hasil pemilihan kepala daerah tahun 2020 yang berlangsung di ruang paripurna DPRD Kepsul Desa Pohea, Kecmatan Sanana Utara.

Ketua DPRD Kepsul Sinaryo Thes, dalam sambutannya menyampaikan, pasca keputusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia pada 17 Februari 2021 lalu,  sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, KPU kabuapten Kepulauan Sula telah menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sula 2020.

"Dalam keputusan KPU Kabupaten Kepulauan Sula nomor, 21/hk.03.1-kpt/02/8205/KPU-Kab/II/2021, tanggal 22 februari 2021, selanjutnya hasil keputusan KPU tersebut di sampaikan ke DPRD Kabuapten Kepualaun Sula untuk diproses lebih lanjut sesuai isyarat pasal 160 A ayat 2 undang-undang nomor 10 tahun 2016, tentang perubahan atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2014  tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota," tuturnya.

Sinaryo bilang, DPRD kabuapten/kota tidak penyampaikan usulan pengesahan pengangkatan pasangan calon bupati dan wakil bupati serta pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih kepada menteri melalui gubernur, dalam jangka waktu lima hari kerja sejak KPU kabupten/kota menyampaikan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati serta pasangan calon wali kota dan Wakil Walikota terpilih kepada DPRD Kbupaten/Kota. Menteri berdasarkan usulan gubernur mengesahkan pengangkatan pasangan calon bupati dan wakil bupati serta pasangan calon Wali kota dan Wakil Walikota terpilih berdasrkan usulan KPU Kabupten/kota melalui KPU Provinsi

"Implikasi ketentuan tersebut di atas maka berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 100/140/sj tanggal 19 Januari tahun 2016 pengesahan pengangkatan dan pemberhentian Guberanur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota khususnya pada poin 2 maka DPRD Kabupaten/kota mengumumkan dalam rapat paripurna istimewa hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota oleh KPU Kabupaten/kota sebelum di sampaikan kepada menteri dalam.

Sementara rapat paripurna penetapan paslon bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada Kabupaten Halbar 2020, Selasa (23/2) berjalan dengan baik. Ketua DPRD Charles R. Gustan mengumumkan James Uang – Djufri Muhamad (JUJUR) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat  periode 2021-2024.

Lanjutnya, penetapan itu berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Barat Nomor: 03/HK 03.-Kpt/ 8201/KPU-KAB/II/2021 tertanggal 20 Februari 2021 tentang penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati Halmahera Barat tahun 2020.

Pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih nomor urut 01 James Uang-Djufri Muhamad sebagai peraih suara terbanyak yang ditetapkan KPU Halbar.

“JUJUR telah  meraih suara di Pilkada serentak 2020, dengan perolehan suara 22.524 suara atau 34 persen dari total suara sah,” kata Charles dalam sambutannya.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Halbar, Hadija Sergi menambahkan, setelah diparipurnakan seluruh dokumen selanjutnya akan dibawa ke Pemerintah Provinsi untuk selanjutnya dilakukan pelantikan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plh Bupati Halbar, Syahril Abdul Rajak, unsur Forkompimda dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemkab Halbar, TNI/Polri dan Kejari Halbar. (wm01/red)

Komentar

Loading...