Kepsul Raih Juara Pertama Pameran Stand Penurunan Stunting

Penyerahan piagam perhargaan peserta terbaik stand percepatan penurunan stunting 2023. (Istimewa).

SANANA-pm.com, Pemerintah Kabupaten Kepualaun Sula (Kepsul) berhasil menjadi meraih juara pertama dalam penilaian pameran stand percepatan penurunan stunting 2023 tingkat kabupaten/kota Maluku Utara.

Kepulauan Sula mengungguli kabupaten lain seperti Halsel, Halbar, Taliabu, Kota Ternate dan beberapa daerah lainnya di Maluku Utara.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketpang) Kepsul, Siti Hawa Marasabessy mengatakan, pencapaian tersebut merupakan hasil dari kerja keras Tim Percepatan Penanggulangan Stunting (TPPS).

“Ini betul-betul menjadi kebanggan bagi kami Kepulauan Sula, karena di tahun-tahun sebelumnya kami selalu berada di urutan paling bawah,” ungkapnya kepada awak media di Sahid Bea Hotel, Ternate, Kamis (13/7/2023)

“Dari urutan paling bawa itu, Sula harus bangkit menjadi dan harus menjadi terbaik pertama,” imbuhnya.

Hawa menjelaskan, kerja sama dengan TP PKK, liding sektor atau pola konsumsi yang ditampilkan di stand, ada life cooking. Di dalamnya menu untuk ibu hamil, pendamping asi dan anak di atas dua tahun. Semua menu yang ditampilkan berbahan dasar ikan.

Meski penanganan spesifik stunting melekat di Dinas Kesehatan Kepulauan Sula, kata Hawa, kolaborasi lintas Organinasi Peranngkat Daerah (OPD) sangat penting untuk menekan pertumbuhan yang mencapai 0,8 persen.

Hawa berharap kolaborasi lintas OPD di Kepulauan Sula berdampak positifi pada penurunan angka stunting yang bisa mencapai target nasional, 14 persen.

“Mudah-mudah ya bisa zero kasus lah,” harapnya.

Komentar

Loading...