Festival Kebangsaan 2022 yang Resmi Dibuka

Prosesi pembukaan festival kebangsaan 2022.

TERNATE-pm.com, Festival Kebangsaan 2022 yang dihelat Haliyora Institute dengan tema, "Lomba Tarian Daerah Maloku Kie Raha," menyatu dalam kemajemukan resmi dibuka pada Jumat, (23//12/2022).

Kegiatan festival yang berlangsung di lapangan So Nyie Lamo, Salero  itu tampaknya berlangsung begitu meriah, disajikan berbagai seremoni. Salah satunya tarian Soya-soya dan pembacaan puisi.

Sri Hatari, Asisten II Setda Provinsi Maluku Utara yang mewakili Gubernur Kh Abdul Gani Kasuba, dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat yang menghadiri acara Festival Kebangsaan 2022 ini agar menjadikan suatu momen refleksi diri dan daerah.

“Merawat nilai-nilai kebangsaan adalah menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Karena persatuan dan kesatuan itu memiliki makna besar, sebab bersatunya keanekaragaman masyarakat Indonesia pada umumnya," kata Sri.

"Seperti suku, ras, agama dan ekonomi itu semuanya menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi," tambahnya.

Sementara, Ikhi Sukardi Husen, selaku pendiri Haliyora Instite mengatakan, festival ini bagian dari mengapresiasi skil dan bakat bahkan semangat generasi-generasi muda di Molu Kie Raha.

"Sehingga dengan acara yang dilakukan pada sore hari ini agar kita semua selalu bisa memberi ruang dan suport kepada generasi muda yang begitu terlihat semangat,agar bisa mengembangkan adat, mengembangkan budaya kita," ucap Ikhi.

Sebab, menurutnya, seni dan budaya merupakan identitas bangsa.

Firman Mudafar Syah juga menyampaikan festival kebangsaan ini menjadi satu kebanggaan besar, karena merefleksikan kembali momen perjuangan para tetua melalui tarian-tarian budaya yang diperagakan.

"Orang tua-orang tua kita di masa lalu sampai masa kini masih mempertahankan eksistensi kebudayaan dan adat istiadat di Moloku Kei Raha yang kita cintai ini," tutunya.

Komentar

Loading...