Jasri Usman Tanggalkan Jabatan Wakil Wali Kota Ternate

Pengurus PKB menyerahkan Surat pengunduran diri Jasri Usman kepada ketua DPRD Kota Ternate.(istimewa).

TERNATE-pm.com, Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Maluku Utara, Jasri Usman resmi menanggalkan (melepaskan) jabatannya sebagai Wakil Wali Kota Ternate.

Pengunduran itu menyusul langkah politik yang diambil Jasri Usman bertarung sebagai calon anggota DPR RI Dapil Maluku Utara.

Pengajuan pengunduran diri Jasri Usman langsung direspon cepat PKB untuk menyiapkan pengganti orang nomor dua di lingkup Kota Ternate.

Sekertaris DCP PKB Kota Ternate, Najib Hi. Talib mengatakan, surat pernyataan pengunduran diri Wakil Wali Kota Ternate, Jasri Usman sudah di masukkan ke DPRD dan diterima langsung Ketua DPRD, Muhajirin Bailusy.

“Terkait dengan pengganti ini nanti dibicarakan soalnya ada mekanisme, tapi di internal DPC PKB masih melakukan rapat dulu baru ditetapkan,” ujarnya, Jumat (28/4/2023).

Lanjut Najib, nanti yang menggatikan posisi Jasri Usman sebagai wakil wali kota, tentunya ada ketua DPC Muhajirin Bailusy, Ketua Dewan Syuro serta sekertaris dan ada beberapa nama lainnya, namun hal itu masih dibicarakan pengurus internal partai.

“Karena saat ini kan surat pengunduran diri baru diajukan tadi, setelah dalam waktu dekat DPC PKB akan memutuskan posisi orang nomor dua di Pemkot Ternate, yang jelas kewenangan itu di DPC kemudian berkoordinasi dengan DPW untuk dibahas secara bersama,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, dari surat pengunduran diri tersebut Jasri Usman tidak langsung diberhentikan, tapi menunggu DCT anggota DPR RI dan surat keputusan dari Mendagri terkait pemberhentian sebagai Wakil Wali Kota Ternate.

“Saat ini wakil wali kota menyatakan sikap maju calon anggota DPR RI dari partai PKB, sehingga salah satu syarat harus ada surat pengunduran diri sebagai wakil kepala daerah,” tukas Najib.

Komentar

Loading...