Jelang Penutupan Pendaftaran Anggota Bawaslu Zona II, Banyak Kuota Masih Lowong

Logo Bawaslu. (Istimewa).

SOFIFI-pm.com, Memasuki hari ke-2 menjelang penutupan pendaftaran anggota Bawaslu Maluku Utara Zona II pada 7 Juni 2023, beberapa kabupaten diketahui belum penuhi kuota pendaftaran.

Hal itu sesuai pantauan Timsel Bawaslu Zona II yang meliputi wilayah kabupaten/kota seperti, Kota Tidore Kepulauan, Kepulauan Sula, Taliabu, Halsel dan Ternate.

Tidak hanya kuota pendaftaran, namun jatah 30 persen untuk perempuan juga belum terpenuhi.

Setiap kabupaten yang sudah terdaftar sampai pada 6 Juni 2023 hampir belum sepenuhnya penuhi kuota yakni 24 orang peserta.

Dari 24 orang peserta terdaftar bakal diverifikasi kembali dan dilakukan pendataan keabsahan, namun hingga menjelang penutupan ini baru Kepulauan Taliabu yang sudah penuhi kuota pendaftaran yaitu 24 peserta.

Namum kuota 24 peserta itu belum juga memenuhi 30 persen untuk perempuan berdasarkan regulasinya.

Sahril Torano, Anggota Timsel Bawaslu Zona II, dari kondisi ini bakal ada perpanjangan pendaftaran

"Kami masih akan melakukan perpanjangan pendaftaran," jelas Aldi, Selasa (6/6/2023).

Lanjutnya, untuk Kota Ternate sendiri terpantau baru 21 orang. Dirinya merinci, dari 21 peserta itu terdapat 1 perempuan dan 20 laki-laki.

"Sedangkan untuk Kota Tidore sendiri terpantau hingga saat ini baru 13 orang, 1 perempuan juga dan 12 orang laki-laki. Kemudian kabupaten Halmahera Selatan sendiri ini lumayan banyak pendaftarnya, terpantau ada 32 orang peserta 2 perempuan 30 laki-laki," terangnya.

"Sementara di Kepulauan Sula sendiri terdapat 2 perempuan dan 13 laki-laki dengan total yang sudah terdaftar baru 15 orang, dan Pulau Taliabu sendiri terakhir itu ada 24 orang pendaftar terbagi dari 1 perempuan dan 23 laki laki," sambung Aldi.

Dirinya menambahkan, saat ini baru dua kabupaten yang kuota pendaftar nya sudah memenuhi, seperti di Pulau Taliabu sendiri terdapat 24 orang pendaftar, bahkan Halsel sendiri terdapt 32 orang.

“Namun dengan total demikian, kuota 30 persen untuk perempuan masih belum dipenuhi, dengan total pendaftar peserta 24 orang di masing-masinf Kabupaten kuota perempuan nya sekitaran 7 orang peserta disetiap Kabupaten,” ujarnya.

Komentar

Loading...