Komisi III Desak Gubernur Ganti Plt Kadis DLH Malut

Sahril Taher, Anggota DPRD Maluku Utara

SOFIFI-PM.com, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Maluku Utara, geram dengan sikap yang ditunjukkan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Malut, Fahruddin Tukuboya, lantaran tidak pernah menghadiri undangan rapat DPRD sebagai mitra.

Anggota Komisi III Deprov Malut, Sahril Taher, menuturkan kepala Dinas DLH Provinsi Malut setiap kali diundang untuk rapat bersama membahas kebijakan terutama masalah lingkungan selalu saja alpa. Lantaran itu pihaknya mendesak pada Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba untuk segera mengganti Fahruddin Tukuboya dari jabatannya. ”Sudah tiga kali kami undang rapat bersama namun tidak pernah menghadiri undangan untuk itu kami minta gubernur segera ganti Kadis DLH Malut,”katanya.

Menurutnya, rapat gabungan bersama komisi II dan III Deprov Malut untuk membahas izin lokasi pembuatan limbah ke laut oleh PT Trimega Bangun Persada. Namun, Kadis DLH Malut tidak hadir. ”Ini rapat gabungan konfirmasi terkait dengan izin lokasi pembuangan limba ke laut, karena pemprov telah keluarkan izin lokasi sehingga dalam rapat tadi Kadis ESDM, Kadis PTSP dan Kadis Kelautan dan Perikanan Malut hadir. Yang tidak hadir hanya Kadis DLH Malut,”kesalnya.

Politisi Partai Gerindra itu menuturkan jika Kadis DLH Malut menganggap DPRD Malut tidak begitu penting sehingga tidak hadir dalam rapat, tentu Gubernur Malut segera menggantinya.”Kami berharap pada gubernur segera ganti kepal dinas yang tidak pernah hadiri udangan rapat DPRD Malut.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Malut, Fahruddin Tukuboya sat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp mengaku meminta maaf pada pimpinan DPRD dan anggota komisi III atas ketidakhadiran dalam rapat karena kesehatan kurang baik.”Saya sudah minta maaf, saya tidak hadir karena kesehatan saya terganggu. Saya juga sudah komunikasi dengan pak Sahril Taher,”bebernya. (red)

Komentar

Loading...