KPU Tetapkan DPT Halut 143.139, TPS Khsus NHM Disoal

Foto bersama usai rapat pleno.

TOBELO-pm.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 143.139 pada Pemilihan Umum serentak 2024

Penetapan itu melalui rapat pleno rekapitulasi DPT tingkat kabupaten di kantor KPU Halut, Rabu (21/6/2023).

Dalam pleno itu juga ditetapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus di NHM dengan jumlah DPT sebanyak 1009 jiwa pilih.

Kordiv Devisi Data Komisioner KPU Halut Ircham Puni mengatakan, pleno rekapitulasi penetapan DPT berdasarkan jadwal tahapan Pemilu.

Sebanyak 143.139 DPT yang sudah ditetapkan tersebut terdiri dari 17 kecamatan, 196 desa di Kabupaten Halut.

“Jumlah DPT yang ditetapkan sebanyak 143.139 DPT, terdiri dari laki-laki 72.230, dan perempuan 70.909,” ujar Ircham kepada jurnalis poskomalut.com.

Lanjut Irham, terdapat Tempat Pemungutan Suara Kusus (TPS) di Lapas Kelas II Tobelo, dan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM). Untuk TPS khusus KPU merujuk pada pengusulan permintaan dari PT NHM.

“Untuk TPS khusus KPU melaksanakan sesuai dengan prosedur, karena untuk melindungi hak pilih, ada 1.009 karyawan yang memenuhi syarat pemilih ditetapkan dalam DPT,” ungkapnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Halut, Asrul Suaibun mengatakan, pihaknya menyoal penempatan TPS khusus di PT NHM. Dirinya sangat tidak sepakat jika di PT NHM ditempatkan TPS Kusus. Menurutnya hal itu tidak wajib dilakukan KPU.

Terkait TPS khusus, lanjut Asrul DPRD bakal memanggil KPU, Bawaslu Halut dan PT NHM untuk membahasnya kembali.

“Bayangkan jika karyawan NHM yang terdaftar di TPS khusus dan kemudian pada saat pencoblosan karyawan tersebut memilih di desanya, maka karyawan bersangkutan harus meminta Form A5 pindah pemilih di TPS khusus NHM, ini sangat tidak masuk di akal,” tandas Asrul.

Komentar

Loading...