PDIP, Parpol Pertama Mendaftar di KPU Malut

Ketua DPD PDIP Malut, Muhammad Sinen (tengah), Sekretaris DPD, Asrul Rasyd Ichsan (kanan), Ketua Bappilu DPD PDIP, Irfan Hasanudin (kiri) dalam jumpa pers usai memasukkan berkas pendaftaran bakal calon anggota DPRD Provinsi di KPU, Kamis (11/5/2023). (poskomalut).

TERNATE-pm.com, DPD PDIP Provinsi Maluku Utara resmi mendaftarkan berkas para bakal Calon Anggota Legislatif (Caleg) provinsi penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu), Kamis.(11/05/2023)

Pendaftaran bakal Caleg Pemilu 2024 ini dipimpinan langsung Ketua DPD PDIP Malut, Muhammad Sinen dan didampingi Sekretaris, Asrul Rasyid Ichsan beserta jajaran pengurus dan para bakal calon.

Kedatangan rombongan DPD partai politik besutan Megawati Soekarno Putri itu diiringi tarian daerah asal Kayoa (Soya soya) saat menuju kantor Komisi Pimilihan Umum (KPU) Maluku Utara sekira pukul 14.30 WIT, di Ternate.

Kedatang rombongan Muhammadi Sinen disambut Ketua KPU Maluku Utara, Pudja Sutamat dan dihadiri Anggota Bawaslu, Suleman Patras.

DPD PDIP Malut merupakan partai paling siap hadapi Pelig 2014. Setelah menjadi partai pertama yang mendaftarkan bakal calon legislatif meraka di KPU Provinsi Maluku Utara. Pendaftaran itu dilakukan secara serentak di kabupaten/kota di Maluku Utara.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Malut, H Buchari Mahmud menyampaikan kedatangan PDIP untuk menyerahkan dokumen bakal Caleg provinsi, terdiri dari lima daerah pemilihan (Dapil) di Maluku Utara.

“Setelah kami memeriksa dokumen yang ada di dalam Silon dan dokumen fisik yang dibawa serta, kemudian dicocokkan di dalam Silon dan diverifikasi, selanjutnya diteliti satu persatu, dan jumlahnya ada dan dinyatakan lengkap,” ungkap Buchari.

Ia menyatakan, berita acara pendaftaran ini resmi diterima KPU Maluku Utara, kemudian akan dilakukan verifikasi administrasi, terhitung mulai 15 Mei–23 Juni 2023.

“Walaupun berkas pendaftaran bakal calon sudah dinyatakan lengkap, namun kami akan memastikan dokumen legalisirnya untuk dimasukkan kembali ke KPU,” lanjut Buchari.

Ketua DPD PDIP Malut, Muhammad Sinen menyatakan jumlah bakal calon DPRD Provinsi dari lima Dapil sebanyak 45 orang. 

“Dari jumlah ini semuanya memenuhi kuota 30 persen perempuan. Sehingga tadi KPU juga sampaikan kalau dokumen pendaftaran sudah lengkap dan memenuhi syarat,” jelasnya.

Ia merinci, dari 45 orang calon wakil rakyat Provinsi Malut ini meliputi Dapil Halsel, Ternate–Halbar, Sula – Taliabu, Halut–Morotai, dan Tidore–Halteng-Haltim.

“Semua calon yang diusung ini murni kader PDIP, dengan target kemenangan pada Pemilu Legislatif 2024 yakni 12 kursi (dari 8 kursi) untuk DPRD Provinsi Malut, tandasnya.

Halsel Dapil Sengit

Seperti diketahui, PDIP resmi mencalonkan para calon legislator provinsi mereka di KPU Maluku Utara. Namun, dari lima dapil yang didaftarkan, Halmehera Selatan menjadi salah satu daerah yang dipastikan perebutan kursi berlangsung menarik.

Pasalnya, figur yang diusung dalam kontestasi lima tahunan itu dinilai memiliki kekuatan politik yang sama. Seperti Ketua DPRD Maluku Utara, Kuntu Daud, Burhan Ismail, Ketua Bappilu DPD PIDP, Irfan Hasanudin dan Ikram Haris. Mereka disebut-sebut memiliki basis politik yang kuat. Sehingga dinamika perebut tiga kursi sesuai target yang diusung DPD PDIP Malut pada Dapil Halsel dipastikan berlangsung sengit.

Muhammad Sinen mengatakan, mesin partai dikerahkan sepenuhnya untuk meraih suara terbanyak pada Pileg 2024 nanti.

Terkait empat nama di PDIP yang bertarung di Halsel memiliki kekuatan politik yang sama. Namun, kata dia, sistem di dalam PDIP tidak melihat itu. Menurut dia, PDIP mengedapankan politik gotong royong.

“Kam di PDIP mengutamakan kerja goton royong. Jadi semua diarahkan turun bekerja untuk meraih suara terbanyak di masyarakat,” tuturnya.

“Jelasnya, kami PDIP siap menghadapi Pileg 2024. Karena, kami memiliki struktur partai tersebar sampai ke desa bahkan dusun. Semua itu lengkap,” tukasnya.

Komentar

Loading...