Mini Saloi, Cenderamata Khas untuk Delegasi Sarasehan

Mini Saloi, kerajinan khas emak-emak dari Kelurahan Figur, Kecamatan Pulau Moti yang nanti ditampilkan selama gelaran Rasaikota pada 2-4 Oktober 2023. (Istimewa).

TERNATE-pm.com, Jelang bergulirnya Sarasehan Isteri Wali Kota (Rasaikota) se-Indonesia dan Pra Munas APEKSI 2023, tuan rumah Kota Ternate sudah mempersiapkan berbagai kerajinan dan prodak khas dan untuk para delegasi.

Salah satu kerajinan khas nanti ditampilkan selama sarasehan dan APEKSI, yakni Mini Saloi yang diproduksi emak-emak dari Kelurahan Figur, Kecamatan Pulau Moti.

Merlisa M Tauhid mengatakan, Rasaikota dan APEKSI merupakan momentum yang tepat untuk mengeksplor Mini Saloi, kerajinan tangan khas dari Moti yang selama ini belum pernah diekspos.

“Hal selama ini kita tidak pernah tahu sama skali, ternyata di sana (Moti) bisa menghasilkan kerajinan Mini Saloi yang kualitasnya sangat bagus. Kedepan kami akan dorong untuk lebih varitatif lagi agar tidak kalah menarik dari prodak serupa di liar daerah,” ungkapnya saat ditemui awak media di sela pantauan kesiapan sarasehan, Minggu (1/10/2023).

Lebih lanjut Merlisa menerangkan, cendra mata pada dasarnya meliputi makanan dan minuman serta kerajinan. Untuk makanan dan minuman sebagian besar atau didominasi prodak pelaku UMKM lokal dari Kota Ternate, Moti, Hiri dan Batan Dua.

Prodak-prodak tersebut semuanya terpakai sebagai dalam godiback para peserta. Para delegasi yang nantinya menginginkan souvenir (ole-ole) nanti diarahkan dan mendapatkan produk khas lokal yang sudah disediakan di Swalayan Taranoate.

Para delegasi diharapkan lebih mengenal budaya lokal seperti tarian khas dan adat di Kota Ternate. Sementara untuk sektor ekonomi, kata Merlisa tentu punya keterkaitan dengan parisiwisata.

“Ketika mereka (delegasi) datang ke sini, meraka pulang bawah oleh-oleh, kita estimasi biaya yang mereka keluarkan pasti ratusan juga. Terjadi perputaran uang selama tiga hari di Kota Ternate,” ungkapnya.

Komentar

Loading...