Pameran Bursa Kerja di Kota Ternate Resmi Dibuka

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman meberikan sambutan pada pameran bura tenaga kerja di Hotel Jati, Senin (26/6/2023).

TERNATE-pm.com, Dinas Tenaga Kota Ternate menggelar pameran bursa kerja, diikuti 20 perusahaan di Maluku Utara, Senin (26/6/2023).

Sebanyak 25.768 (termasuk 5 disabilitas) Lowongan Kerja (Loker) dibuka. Pameran itu berlangsung di Jati Hotel, Kota Ternate selama dua hari, yakni pada, 26-27 Juni 2023.

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman mengatakan, pameran bursa kerja atau job fair 2023 merupakan solusi atas perkembangan ketenagakerjaan di Kota Ternate, dari tahun ke tahun yang cukup signifikan.

Perkembangan itu dapat diketahui dari data, di mana penduduk Kota Ternate pada 2022 mencapai 206.745 jiwa, terdapat 111.880 angkatan kerja. Jumlah angkatan kerja tersebut yang bekerja berjumlah 105.429 orang. Sementara pencari kerja sebanyak 6.451 orang.

Tauhid mengatakan, masih terdapat penganggaran terbuka di Kota Ternate. Ini disebabkan beberapa faktor, antara lain pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi, kesempatan kerja yang masih rendah, pendayagunaan tenaga kerja yang rendah dan produktivitas tenaga kerja yang relatif masih rendah.

Lebih lanjut mantan Sekda Kota Ternate itu menerangkan, penting dalam dunia ketenagakerjaan selain keadaan tenaga kerja dan struktur ketenagakerjaan, pengangguran masih menjadi masalah yang selama ini dihadapi.

“Dari sisi ekonomi, pengangguran merupakan produk dari ketidak-mampuan pasar kerja dalam menyerap angkatan kerja yang tersedia,” ujar wali kota saat membuka pemaren bursa kerja.

Senada, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ternate, Nuraini Nawawi mengatakan pameran bursa kerja ini dimaksudkan untuk mempertemukan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja atau perusaahan secara langsung.

“Untuk mempermudah proses penempatan tenaga kerja atau perusahaan secara langsung, sehingga mempermudah proses penempatan tenaga kerja,” tuturnya.

Dirinya menyatakan, tujuan Job Fair ini adalah memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai minat dan kemampuan mereka masing-masing, serta membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu untuk mengurangi angka penggangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja.

Nuraini menambahkan, job fair kali ini menggunakan sistem hybrid, yang memadukan jalur online pada pendaftaran pelamar melalui aplikasi Lentera Bursa Kerja Ternate yang dapat didownload melalui Play Store.

“Bisa juga didapat melalui link Lentera Disnaker Ternate Kota, kemudian dilanjutkan melalui jalur offline untuk pemberkasan dan interview di lokasi kegiatan,” jelasnya.

Komentar

Loading...