Pemkot Ternate Diduga Prioritaskan Pembangunan Jalan Munuju Resort Milik Petinggi Polda Malut

Pekerjaan jalan di lokasi resort yang disinyalir milik petinggi Polda Malut. Dok-poskomalut.com.

TERNATE-pm.com, Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diduga meprioritaskan pembangunan jalan menuju resort Wailanga di Kelurahan Takome, Ternate Barat yang diketahui milik salah satu petinggi di Polda Maluku Utara (Malut).

Pasalnya, proyek yang dikerjakan CV. Bintang Jaya Konstruksi dengan jangka waktu 180 hari kalender, dengan anggaran senilai Rp470.532.000.00-, sesuai nomor kontrak: 600/1521/DPUPR/KT/2022 tertanggal 8 Juni 2022 itu bersumber dari APBD Kota Ternate.

Kepala Bidang Binamarga PUPR Kota Ternate, Rusman Syah dikonfirmasi menampik tudingan tersebut. Ia mengatakan, secara kebutulan akses jalan yang diusulkan menuju objek wisata Jikomalamo melewati lokasi Wailanga. Ia mengaku tidak mengetahui lokasi Wailanga milik pejabat tinggi di Polda Malut.

“Kami tidak ada prioritas. Kita hanya membuat program untuk jalan. Jalan sudah diusulkan itu kalau tembus ke sebelahnya (Jikomalamo) sangat bagus,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (08/8/2022).

“Apakah itu terkait milik siapa itu kami tidak tahu,” imbuhnya.

Rusman menerangkan, pembangunan jalan itu rencananya akan ditembuskan sampai ke Jikomalamo dengan total volume pekerjaan 1 km. Jalan tersebut baru dikerjakan 350 meter atau tepatnya di lokasi Wailangan, sudah mandeg karena terkendala anggaran.

“Intinya, jalan itu diusulkan, terus kami programkan, namun anggarannya terbatas, jadi sampai di situ dulu. Nanti lanjut di 2023. Insha Allah disetujui,” katanya.

Ia menyebut jalan tersebut diusulkan pada 2021 dan disahkan di 2022 total anggaran kurang lebih Rp6 miliar.

Dirinya menyatakan, terkait pembebasan lahan yang dipersoalkan ahli waris tidak ada masalah.

“Itu nanti tanya saja ke Fanyira nya, karena kemarin kami komunikasi dengan Fanyira katanya tidak ada masalah,” tandasnya.

Sesuai hasil penelusuran media ini di lapangan, pekerjaan jalan di resort Wailanga sudah sampai pada tahap pengaspalan. Bahkan, salah satu warga enggan namanya diketahui menyebutkan resort tersebut milik Kapolda Malut.

"Ini milik Kapolda Malut," singkatnya kepada media ini, Selasa (9/8/2022).

Ia juga mengatakan, di lokas Wailanga belum bisa bersua foto atau mengabidakan gambar dan video dengan alasan belum diresmikan.

Pekerjaan jalan tersebut sudah hampir satu bulan berlangsung, tukang proyeknya berganti-ganti.

"Tukang kerjanya berganti-ganti, yang dulu orang Tidore dan Jailolo, tapi sekarang orang Manado dan Jawa yang membuat jalan ini," terangnya.

Jurnalis media ini berupaya mengofirmasi Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Michael Irwan Thamsil via chat dan telpon Whatsap namun belum bersambut hingga berita ini dipublis.

Komentar

Loading...