poskomalut.com
baner header

Pemprov Maluku Utara Membeli Sembilan Mobnas Baru Senili Rp 6,5 Miliar

SOFIFI-PM.com, Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku Utara di tahun 2019 telah membeli sembilan mobil dinas (mobnas) baru senilai Rp 6,5 miliar.

Sembilan jenis  mobil dinas (Mobnas) tersebut yakni, Camary Type v2,5 dengan nilai Rp 680 Juta, Camary Tyipe G 2,5          Rp 650 Juta, Toyota Hailux Rp 500 Juta, Toyota Inova Tipe V 2 Rp 750 Juta, Toyota Inova Tipe V 2       Rp 750 Juta, Toyota Rush Rp 345 Juta, Lima unit mitshubishi Pajero Rp 3,250 Miliar dan Sienta Rp 375 Juta.

Kepala Biro Umum Setda Malut, Jamaluddin Wua kepada wartawan Posko Malut via WhatsApp mengatakan, dari 12 unit mobnas yang diproyeksikan, hanya 9 mobnas yang bisa dibelanjakan. Sebab ada perubahan nilai yang dianggarkan. “Awalnya 12 unit mobnas, akan tetapi ada pengurangan anggaran, sehingga hanya sembilan mobnas saja dapat dibelanjakan,” ujarnya.

Lanjut dia, pengurangan nilai belanja tersebut dikarenakan sebelumnya direncanakan pengadaan lima unit mobil dinas merek mitshubishi Pajero, akan tetapi direalisasikan hanya tiga unit. Untuk saat ini 9 mobdin tersebut sudah digunakan oleh pimpinan. ”Ada perubahan nanti di DPA perubahan keluar baru liat, sebab ada pengurangan nilai yang diusulkan,” katanya.

Selain itu, dia juga menyinggung puluhan kendaran dinas yang masih ada di pihak lain, baik itu kendaranan roda empat (mobil dinas) maupun kendaraan roda dua, dan sampai saat ini belum dikembalikan. ”Saat ini sedang melakukan enventarisir seluruh asset kendaraan yang masih tercatat namun dikuasai pihak lain, yang jumlahnya mencapai puluhan,” katanya.

Ia mengaku telah menyiapkan surat pada Kejaksaan, tinggal dilampirkan daftar kendaraan yang dikuasi pihak lain, untuk ditarik secara paksa. (red)

Artikel ini sudah diterbitkan di SKH Posko Malut, edisi Kamis 03 Oktober 2019, dengan judul ‘Pemprov Belanja 12 Mobnas Rp 6,5 Miliar’

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: