Pemuda Sebagai Garda Terdepan Perubahan dan Pencegahan Radikalisme Terorisme

TERNATE-pm.com, Kegiatan pelibatan pemuda dalam pencegahan radikalisme dan terorisme dengan pitutur kebangsaan “Ekspresi Indonesia Muda” melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Maluku Utara, adalah bagian dari peningkatan peran pemuda, pelajar, organisasi masyarakat dan komunitas dalam upaya pencegahan terorisme dan radikalisme.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aulah Kantor Wali Kota Ternate, Jalan Revolusi Ternate, Rabu (21/9/2022).

Kegiatan yang melibatakan 100 orang dari unsur pemuda, pelajar dan mahasiswa, sekaligus sosialisasi Ekspresi Indonesia Muda dengan lomba konten kreatif adalah salah satu inovasi BNPT dalam pencegahan paham radikalisme terutama yang menyasar generasi muda.

Lomba konten kreatif diharapkan bisa menjadi sarana pentahelik berdialog dengan generasi muda untuk membangun kekuatan bersama dalam menyebarkan nilai–nilai kebangsaan dan keagamaan kepada anak muda agar mereka memiliki daya tangkal terhadap paham yang bertentangan dengan ideology pancasila, meningkatkan kewaspadaan dan membentengi diri dari ajakan kelompok radikal terorisme.

Ketua FKPT Maluku Utara, Hasbi Pora, mengatakan, kegiatan pelibatan pemuda dalam pencegahan radikalisme dan terorisme adalah bagian dari peningkatan peran pemuda, pelajar, organisasi masyarakat dan komunitas dalam upaya pencegahan terorisme dan radikalisme.

“Ekspresi Indonesia Muda dengan lomba konten kreatif adalah salah satu inovasi BNPT dalam pencegahan paham radikalisme terutama yang menyasar generasi muda. Lomba konten kreatif diharapkan bisa menjadi sarana pentahelik berdialog dengan generasi muda untuk membangun kekuatan bersama dalam menyebarkan nilai–nilai kebangsaan dan keagamaan kepada anak muda agar mereka memiliki daya tangkal terhadap paham yang bertentangan dengan ideology pancasila, meningkatkan kewaspadaan dan membentengi diri dari ajakan kelompok radikal terorisme," ujar Hasbi dalam sambutanya.

Menurutnya keterlibatan anak muda penting karena pada usia ini l sangat rentan akibat faktor psyikologi yang masih labil dan mudah terpengaruh sebab itu aktivitas mereka perlu diisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat mengingat wilayah Maluku Utara merupakan salah satu wilayah kepulauan yang terbuka dan sangat berpotensi terhadap penyebaran lradikalisme dan terorisme.

“Semoga kegitan hari ini menjadi langkah awal bagi para generasi muda Di Maluku Utara, untuk bersama sama membangun, kesadaran kolektif tentang pentingnya harmoni, kebersamaan, nilai nilai kemanusiaan, toleransi dan hak asasi manusia. Kesadaran pentingnya menjaga Ternate, Maluku Utara dan Indonesia, dengan kearifan lokal adat seatorang,”jelasnya.

Lanjut Hasbi Pora menambahakan, FKPT adalah organisasi yang dibentuk oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di tingkat daerah sebagai mitra strategis BNPT dalam melaksanakan tugas koordinasi pencegahan terorisme di daerah.

“FKPT melaksanakan sejumlah Misi antara lain, meningktakan daya tangkal masyarakat, menggugah kesadaran masyarakat melawan terorisme, meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan dini masyarakat,Mengembangkan kearifan budaya lokal," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Ternate, Jusuf Sunya, dalam sambutannya menyebutkan FKPT merupakan mitra strategis bagi BNPT dalam menjalankan tugas atau program pencegahan radikalisme dan terorisme di daerah.

"Bonus demografi kedepan kita harapkan Maluku Utara bisa jadi provinsi yg kuat dan terdepan disegala lini, khususnya terhindar dari faham radikal dan terorisme," terangnya.

"Tema acara kita “Pelibatan Pemuda Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme”. Tema ini sangat penting, karena elemen pemuda memiliki peran sentral dan garda terdepan dalam pencegahan radikalisme dan terorisme di Indonesia," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jusuf sunya, mengingatkan seluruh peserta yang hadir agar semakin cerdas memahami dan menggunakan media sosial sebagai motor utama zaman digitalisasi saat ini.

"Pemuda dan Pelajar merupakan lokomotif agen perubahan bangsa dimasa yang akan datang," tukasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, pihaknya juga menerangkan FKPT Maluku Utara dan Pemerintah Kota Ternate akan semakin meningkatkan sinergisitas agar makin terwujud harapan dan cita-cita bersama khususnya terbebasnya Kota Ternate, Maluku Utara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman dan bahaya Radikalisme dan Terorisme.

"Gagasan ini sekaligus untuk mengajak masyarakat dan pemuda untuk mencegah berbagai bentuk dan strategi mengenai radikalisme dan terorisme di wilayah kota Ternate. Pemerintah Kota Ternate berharap agar Kota Ternate menjadi daerah yang nyaman dan terbebas dari isu radikalisme dan terorisme kedepannya," tutupnya.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Administrasi Umum Provinsi Maluku Utara, Asrul Gailea,Setda Kota Ternate,Jusuf Sunya, Subkoordinator Partisipasi Masyarakat BNPT, Maira Himadhani, dan Praktisi Musisi dan Film Nasional (Vokalis ST 12 III), Dimas Moersas.Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh pengurus FKPT Maluku Utara.*

Komentar

Loading...