Pileg 2024, NasDem Kota Ternate Siapkan Satu Keterwakilan Perempuan Disabilitas

Nurjana, Bacaleg NasDem Dapil Kota Ternate Tengah.

TERNATE-pm.com, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai NasDem Kota Ternate membuka ruang penyandang disabilitas bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Kebijakan itu sebagai bentuk komitmen partai NasDem memperjuangkan kota inklusif.

Bagi Nurjanah, sikap NasDem dalam memberikan perhatian terhadap kaum difabel merupakan langkah brilian.

Pemberian ruang yang seluas-luasnya kepada disabilitas untuk maju sebagai calon legislatif lewat NasDem pada Pemilu 2024 mendatang, menunjukan partai besutan Surya Palo itu memiliki komitmen lebih terhadap kelompok difabel di Maluku Utara.

“Harusnya partai-partai politik kita di Maluku Utara mesti bijak menyikapi keberadaan masyarakat disabilitas. Terutama bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka berhak memiliki pintu-pintu yang sama untuk dapat belajar di sekolah seperti anak-anak yang lain,” kata Nurjana, saat ditemui usai rapat konsolidasi di Sekretariat NasDem Kota Ternate, Sabtu malam, 5 November.

Bacaleg perempuan yang mewakili kelompok disabilitas itu mengatakan, program inklusi disabilitas yang ditawarkan NasDem mendorongnya mendaftarkan diri sebagai salah satu calon legislatif.

Ia berharap, melalui jalur ini, hak, kesetaraan, kesempatan dan akses yang sama bagi kelompok disabilitas nantinya disuarakan di forum resmi, sehingga dapat tersampaikan kepada pemangku kebijakan, terutama di eksekutif. Dengan begitu, kebijakan-kebijakan yang nantinya diambil semakin ramah bagi penyandang difabel.

“Jangan melihat dari banyaknya penyandang disabilitas untuk partai, tapi bagaimana partai sendiri berbuat untuk masyarakat disabilitas. Program saya tidak muluk-muluk, adalah bagaimana saya harus mendampingi dan memenuhi kebutuhan masyarakat disabilitas. Yang paling krusial adalah layanan dasar, termasuk mendorong peraturan daerah tentang difabel,” katanya.

Menurutnya pemenuhan hak disabilitas perlunya keterwakilan kaum difabel di parlemen.

Koordinator Ikatan Keluarga Disabilitas Makugawene Maluku Utara tercatat pendatang dan pemain baru dalam dunia perpolitikan. Ia adalah Bacaleg yang berlaga di daerah pemilihan Kota Ternate Tengah.

“Setiap partai punya jagoannya masing-masing dan tidak harus dia itu publik figur. Terlepas dari itu, seorang petarung harus melihat dan mengekploitasi dari segala aspek. Karena itu, sejak awal saya sudah bilang, program saya yaitu memberi perlindungan kepada masyarakat rentan dan orang-orang yang termarjinalkan atau kelompok kelas bawah. Saya sangat berharap masyarakat semakin dewasa dan tidak terpengaruh politik uang,” sebutnya.

Sementara, Ketua DPD NasDem Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyatakan, tujuan Partai NasDem dalam memberikan perhatian terhadap kaum difabel adalah untuk mendukung program kota inklusi. Selain itu, juga merupakan kelompok strategis yang membuka peluang kemenangan.

“Ada pedoman NasDem bahwa prioritas untuk bacaleg itu ada tiga kategori. Yaitu petahana, jabatan struktural dan potensi elektoral. Kelompok disabilas ini bagian dari pihak eksternal yang memiliki potensi memenangkan NasDem pada pemilihan legislatif," tutunya.

"Karena itu mereka menjadi bagian terpenting untuk kita beri peluang dan kesempatan menjadi kekuatan NasDem memenangkan parlemen,” sambungnya.

Komentar

Loading...