poskomalut.com
baner header

Ratusan CPNS Pemprov Malut Tumbang di SKD

Hanya 54 Peserta Lolos Angka  Passing Grade

SOFIFI-PM.com, Harapan ratusan peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS)  di lingkup Pemprov Malut di hari pertama, kamis (6/2/2020) untuk lolos di tahapan selanjutnya kandas sudah. Pasalnya, hasil tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS tersebut, dari 600 peserta yang mengikuti seleksi, hanya 54 peserta yang berhasil memenuhi angka passing grade atau nilai ambang batas. Sementara, sebanyak 546 peserta lainnya tak mencapai angka passing grade sehingga secara otomatis gugur. Pelaksaan tes SKD ini, dipantau langsung Wakil Gubernur M. Al Yasin Ali, MT.

Wagub disela-sela kegiatan pemantauan itu mengatakan, pelaksanaan tes dengan menggunakan sistem CAT tersebut tidak ada yang bisa melakukan intervensi terhadap hasil. “Hasil tes seleksi CPNS ini dipastikan murni, tidak ada yang bisa intervensi,” kata wagub usai memantau tes SKD di Kantor Gubernur Malut.

Menurut Wagub, seleksi CPNSD saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini karena, seluruhnya tahapan tes akan menggunakan komputerisasi secara online. “Seperti yang telah kita saksikan tadi (kemarin, red), semua hasilnya langsung muncul di layar monitor, dan terpantau oleh semua orang,” jelasnya.

Wagub menegaskan, peserta tes harus memiliki kompetensi, cerdas dalam menjawab setiap pertanyaan karena tidak ada koneksi atau orang dalam dalam system CAT. “Saya berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti dengan baik, sehingga bisa lulus dengan hasil yang baik juga,” tegasnya.

Sementara itu, terkait dengan jumlah peserta yang ikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ini, menurut Kabid Perencanaan Pengadaan dan Penataan Jabatan Aparatur BKD Pemprov Malut, Fahri Fuad SSTP. MSi, sebanyak 4.495. “Peserta ini terbagi dalam beberapa sesi. Pada hari pertama dan kedua terdapat 4 (empat) sesi, hari ketiga, empat, lima dan enam terdapat lima, dan hari ketujuh terdapat 2 (dua) sesi. Untuk setiap sesi dibagi dalam 150 peserta,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk nilai tes SKD ini meliputi, TWK 65, TIU 80 dan TKP 128. Selanjutnya, peserta yang dinyatakan lulus tes SKD akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). “Hari pertama pelaksanaan SKD calon pegawai negeri sipil (CPNS)  di lingkup Pemprov Malut, diikuti sebanyak 600 peserta, namun yang hadir hanya sebanyak 564. Sementara tidak hadir 36 orang, namun dari 564 orang ikut SKD dengan menggunakan sistem CAT, hanya 54 orang memenuhi passing grede,” ujarnya.

Diketahui, tes SKD ini juga dipantau Ketua tim pengawas dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) regional XI Manado,  Yetsie Pangalila dan juga dari BPK Perwakilan Maluku Utara, Anwar.  (iel/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: