Simon Burnama, Figur Muda yang Gaungkan Politik Beradab

WEDA-pm.com, Dari sekian banyak deretan nama anak muda yang akan bertarung dalam perebutan kursi legislatif di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), ada satu nama yang santer dikabarkan memiliki peluang merebut tempat di parlemen.

Figur muda tersebut yakni Simon Burnama. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu merupakan salah satu caleg milenial yang cukup menarik simpati rakyat.

Simon dikenal sebagai seorang muda yang pekerja keras, mempunyai jiwa sosial, selalu menjunjung tinggi nilai keadilan dan kejujuran.

Caleg daerah pemilihan wilayah II Halteng mengatakan, generasi mileniar harus mengambil peran dalam catatan penting kehidupan politik yang beradab.

“Kaum muda saat ini menjadi bagian utama yang akan menentukan kondisi kehidupan berpolitik yang beradab di masa kini dan masa yang akan datang. Artinya, generasi milenial adalah bagian dari penentu kemajuan dan keberhasilan demokrasi, baik ditingkat daerah maupun nasional. Kewajiban kaum milenial adalah pemegang kendali dunia politik untuk mendorong perwujudan demokrasi," katanya kepada poskomalut.com, Kamis (21/9/2023).

Simon menegaskan, kaum milenial dituntut untuk bersikap aktif membantu dalam memberikan masukan dan mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada masyarakat.

"Jangan hanya berdiam diri, namun berpikirlah kritis untuk ikut serta menjaga kondusifitas daerah," ucapnya.

Anak dari pasangan Tropinus Burnama asal Desa Lelilef Sawai dan Feronika Boli dari Desa Teluk Kao itu menyampaikan, politik yang beradab dan beretika adalah ketika sudah merengkuh kekuasaan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

"Bagi masyarakat khususnya generasi milenial untuk selektif memilih calon pemimpin, parameter atau ukuran memilih pemimpin yang ideal itu bukan dari amplop yang dibagikan, namun karena visi dan misi," terang suami dari Jein Elfin Kebrob itu.

"Proses demokrasi perlu dibenahi. Karena menurut saya, demokrasi kelewat batas yang menjadi masalah di negeri kita, maka generasi milenial harus dapat mengubah haluan tersebut menjadi demokrasi yang berkesinambungan serta punya gagasan politik yang membangun daerah kedepan,” sambungnya mengakhiri.

Komentar

Loading...