poskomalut.com
baner header

Sudah 12 Balon Jalani Tes Kesehatan

Yang Positif Corona Wajib Karantina

TERNATE-PM.com, Sampai dengan hari kedua tahapan pemeriksaan kesehatan, Selasa (08/09) kemarin. Sudah terdapat 12 Bakal Calon (Balon) kepala daerah di sejumlah kabupaten dan kota di Maluku Utara mengikuti pemeriksaan kesehatan yang dipusatkan di RSUD Chasan Boesoirie Ternate.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Maluku Utara, Buchari Mahmud, saat dihubungi, Selasa (08/09) menyebutkan, pemeriksaan hari pertama ini diikuti sebanyak 12 orang. Namun, ia sendiri tidak menyebutkan siapa nama-nama yang mengikuti pemeriksaan tersebut.

“Untuk hasil pemeriksaan sendiri harus di RSUD CB, dan nantinya dari Juru bicara Satgas yang menyampaikan terkait dengan COVID-19,” ujar Buchari.

“Berdasarkan hasil tes kemudian ada pasangan calon yang terkonfirmasi positif maka tetap mengikuti prosedur karantina mandiri selama 10 hari,” sambungnya.

Sementara itu, tim pengarah pemeriksaan kesehatan, dr Alwia Assagaf, mengatakan, belum mengetahui hasil pemeriksaannya. Sebab, kata dia itu nanti akan diplenokan tim pemeriksa.

“Kalau hari ini saat saya masih di sana (RSUD) itu dari Tidore dan Haltim,” ungkap dr Alwia.

Mengenai nama-nama bakal calon yang sudah mengikuti tes pemeriksaan, ia malah menyarankan balik bertanya ke KPU.

“Jadi ada dua pemeriksaan, yakni fisik dan kejiwaan. Kalo bakal calon pemeriksaan fisik, maka hari kedua kejiwaan, begitu juga sebaliknya,” jelasnya.

“Semua tes saat diikuti wajib mengikuti swab test. Kalau mereka sudah ikut tes kesehatan berarti mereka negatif (corona),” pungkasnya.

Untuk diketahui, sampai dengan Selasa, (08/09) ini sebanyak 12 orang telah mengikuti tes atau pemeriksaan, diantaranya dari Tidore Kepulauan dua orang, M Jabir Taha dan Guntur Alting. Halmahera Barat, James Uang, Jufri Muhammad, Imran Lolori, Danny Missy, Alpinus K Pay, dan M Zakir Mando. Ternate dua orang, M Tauhid Soleman dan Merlisa Marsaoly, sedangkan Halmahera Timur, Anjas Taher dan Abdul Nazar. (agh/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: