Tahun Depan Tarif PBB di Kota Ternate Alami Penyesuain

Kepala BP2RD Kota Ternate, Jufri Ali.

TERNATE-pm.com, Tarif Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) bumi dan bangunan di Kota Ternate bakal mengalami penyesuain atau kenaikan harga.

Penyesuain harga dilakukan menyusul nilai jual tanah di Kota Ternate terus mengalami peningkatan, tapi NJOP masih rendah.

"Jangan menganggap semata-mata pajaknya dinaikan. Tapi itu juga berpengaruh pada aset yang dimiliki masyarakat," ungkap Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Ternate, Jufri Ali, kepada media ini di kantornya, Senin (26/9/2022).

Jufri mengatakan, dari ribuan data yang diserahkan KPP Pratama kepada Pemerintah Kota Ternate perlu dilakukan pemutahkiran.

"Banyak yang doble atau ganda. Misalnya kuburan masih dikenakan pajak, tanah induk yang sudah dikapling. Tapi, induknya masih kena pajak juga ," ucapnya.

Ia menyebut, kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) cenderung mengalami kenaikan, sudah menyentuh di angka Rp4 miliar lebih.

"Tahun kemarin mengalami kenaikan. Apabila tahun depan ada penyesuaian harga PBB, tentu potensi kontribusi PAD juga ikut naik," ucapnya.

Jufri menambahkan, pihaknya sudah menyosialisasikan rencana penyesuaian tarif PBB melalui masing-masing kelurahan di Kota Ternate.

"Kemarin kami sudah sosialisasi di Kantor Camat Ternate Selatan dan dihadiri 78 luran, rata-rata mereka setuju," katanya.

Salain PPB, setelah pandemi Covid-19, beberapa item seperti retribusi hotel juga rencana dilakukan psnyesuain tarif.

Komentar

Loading...