UMMU Ternate Gelar KKS Tematik Covid-19

Rahmat Abd Fatah, Kepala Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMMU Ternate.

TERNATE-PM.com, Persoalan dihadapi  negara saat ini adalah kedaruratan kesehatan masyarakat disebabkan pandemi Covid-19. Salah satu langkah penting dilakukan adalah pada level pencegahan. Dengan demikian Universitas Muhammadiyah Maluku Utara akan menggelar Kuliah Kerja Sosial (KKS) Tematik Covid-19  gelombang ke II Tahun akademik 2019/2020  pada senin (20/4/2020).

"Pelaksanaan KKS Tematik ini diharapkan dapat membantu masyarakat meningkatkan kesadaran guna menekan penularan Covid19. Sehingga masyarakat dengan pengetahuannya dapat melindungi diri," ungkap Rahmat Abd Fatah, Kepala Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M UMMU) pada poskomalut.com, Minggu (19/4/20) kemarin.

Rahmat menjelaskan, belum meluasnya sosialisasi bagaimana proses penularan Covid-19 dan upaya pencegahan berbasis keluarga. Melalui rumah-rumah warga menjadi fokus diantara target dan sasaran edukasi covid-19 yang akan dilaksanakan mahasiswa KKS UMMU Ternate bersama dosen pendamping lapangan (DPL).

"Melalui sebaran poster edukasi, video, membuat tempat-tempat cuci tangan, pembuatan masker, serta kreatifitas lainnya" jelasnya.

Pembekalan KKS UMMU akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 April dengan sistem Online. Menghadirkan pemateri diantaranya Dr. Hamidah Rahman, memberikan materi tentang edukasi Covid-19, dr. Herman Usman, mengisi materi tentang penulisan essay, Direktur Rorano Maluku Utara Asghar Saleh, Faris Bobero dan Rajif Duchlun.

Lanjut Rahmat, KKS ini suda dikoordinasikan dengan semua pihak, baik dengan pimpinan universitas maupun dengan kelurahan-kelurahan yang menjadi fokus pelaksanaan KKS Tematik ini. Diantaranya  Kelurahan Fitu, Gambesi, Sasa dan Jambula, pelaksanaan KKS tetap memperhatikan protokol kesehatan serta mengikuti semua arahan pemerintah di kelurahan tersebut.

"KKS diupayakan sebisa mungkin untuk tetap menghindari kerumunan," tuturn tutur pria yang akrab di sapa Pak Raf ini.

Dirinya optimis dengan kapasitas dosen pendamping lapangan (DPL) KKS Tematik dapat berjalan dengan baik. (Ris/red)

Komentar

Loading...