poskomalut.com
baner header

Volume Sampah di Weda Halteng Per Hari 3.559 KG

WEDA-PM.com, Volume sampah di Kota Weda,  Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), per hari mencapai 3.559 KG.  Sedangkan per bulan sampah yang dihasilkan masyarakat menembus 106.770 KG. Adapun per tahun sampah yang dihasilkan masyarakat sebanyak 1.281. 240 KG. “Sampah per hari yang dihasilkan masyarakat 3.559 KG dikali 30 hari maka jumlahnya 106.770 KG per bulan dikali dengan 12 bulan sehingga total sampah yang dihasilkan masyarakat dalam satu tahun mencapai  1.281. 240 KG,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halteng Samsul Bahri,  Rabu (27/11/2019). 

Menurutnya, saat ini mobil sampah yang melayani sampah masyarakat di Kota Weda sebanyak dua unit. Satu unit mobil sampah dan satu unit mobil ambrol. Meski begitu, kata Kadis, sesuai dengan jalur pelayanan saat ini masih cukup untuk melayani sampah di Kota Weda. “Mobil yang mengangkut sampah hanya dua unit. Namun dua unit mobil itu cukup untuk melayani sampah di Kota Weda,” katanya. 

Di tahun depan kemungkinan jangkauan pelayanan ditingkatkan. Sehingga butuh penambahan mobil pengangkut sampah. Karenanya, Kadis mengaku tahun 2020 mendatang, pihaknya mendapat bantuan satu unit mobil sampah dari Direktorat Persampahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Tahun depan kita dapat bantuan satu unit mobil sampah dari Direktorat Kementerian PUPR,” ucapnya. 

Kadis menambahkan, paling terpenting adalah kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. “Paling terpenting adalah masyarakat harus sadar lingkungan sehingga tidak sembarangan membuang sampah,” pungkas Samsul. (msj/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: