Wali Kota Salurkan Zakat Melalui Baznas Kota Ternate

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat menyalurkan zakat melalui Baznas. (Humas).

TERNATE-pm.com, Wali Kota, M. Tauhid Soleman menyalurkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate.

M. Tauhid Soleman menunaikan rukun Islam keempat itu pada pelaksanaan layanan pembayaran zakat, infak, sedekah dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) Pimpinan Daerah Kota Ternate Ramadan 1444 H di Aula Babullah Kantor Wali Kota, Kamis (6/4/2024).

Usai menyalurkan zakat, di kesempatan itu orang nomor satu di lingkup Pemkot Ternate itu mengajak seluruh elemen masyarakat menyalurkan zakat, infak dan sedekah melalui Baznas

"Saya mengajak dan mendorong seluruh ASN dan seluruh lapisan masyarakat, mari kita mengeluarkan zakat, infak dan sedekah (ZIS) melalui Baznas sebagai lembaga resmi yang telah dibentuk pemerintah," ucap Tauhid kepada wartawan.

Menurut dia, pengumpulan zakat oleh Baznas Ternate saat ini menunjukan kemajuan yang signifikas dan dikelola secara baik.

"Tentu zakat yang dikumpulkan ini akan dikelola dengan baik untuk disalurkan kepada yang berhak menerima. Karena prinsip-prinsip dalam pengelolaan zakat saat ini sudah sangat maju," ujar Tauhid.

Sementara, Ketua Baznas Kota Ternate, H. Adam Marus mengungkapkan, sebelumnya pada tahun 2022, pihaknya berhasil menghimpun Rp4 miliar lebih ZIS. Dan, tahun ini target mereka meningkat yakni di angka Rp6 miliar.

"Sesuai analisa kami, potensi ZIS di Kota Ternate dari berbagai profesi sekitar Rp150 miliar, sementara target pengumpulan kami di tahun ini Rp6 miliar, sementara ini kami terus berupaya mencapai target itu," ungkapnya.

Zakat yang dihimpun tak sebatas disalurkan kepada para mustahak atau orang yang berhak menerima, tapi juga diperuntukan bagi berbagai macam program pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan, seperti bantuan dana usaha kepada usaha mikro atau mikro finance, pengembangan pertanian di Takome, bantuan beasiswa kepada siswa jenjang pendidikan SD hingga perguruan tinggi, bantuan kesehatan rujukan rumah sakit, hingga pembangunan rumah singgah dan lainnya.

Komentar

Loading...