poskomalut.com
baner header

2020 Cukai Rokok Naik 23 Persen

TERNATE-PM.com, Bagi perokok aktif di Indonesia bakal merana, pasalnya pemerintah bakal menaikan harga cukai rokok mencapi 23 persen. Naiknya harga cukai rokok ini akan mempengaruhi harga rokok di pasaran.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Ternate, Budi Setyono pada Posko Malut mengatakan, mengoptimalkan penerimaan Negara, maka terhintung 1 Januari 2020 nanti pemerintah menetapkan kenaikan tarif cukai rokok 23 persen dan menaikkan harga jual eceran (harga banderol) rata-rata sekitar 35 persen.

Kebijakan menaikan tarif cukai rokok dan harga banderol ini mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya, jenis hasil tembakau (buatan mesin dan tangan), golongan pabrikan rokok (besar, menengah, dan kecil), jenis industri (padat modal dan padat karya) dan asal bahan baku (lokal dan impor).

Secara prinsip, lanjutnya, besaran kenaikan tarif dan harga banderol dikenakan secara berjenjang. Dimana tarif dan harga banderol sigaret kretek tangan lebih rendah daripada sigaret kretek mesin dan sigaret putih mesin.

“Untuk mengamankan kebijakan tersebut agar efektif di lapangan, Pemerintah tetap dan terus berkomitmen untuk melakukan pengawasan dan penindakan atas pelanggaran di bidang cukai,” jelasnya.

Menurutnya, kenaikan cukai rokok ini sangat mempengaruhi ektor ekonomi. Karena rokok merupakan penyumbang inflasi, sehingga naiknya harga rokok maka secara otomatis inflasi juga ikut naik.

“Untuk kenaikan harga tergantung dengan jumlah produksi dari masing-masing perusahan rokok tersebut, apakah akan tetap atau malah turun. Kalau dengan produksi tetap, pasti ada Pemasukan ke negara, karena kan akan semakin tinggi pajak cukainya,” akhirnya, sembari menambahkan, salah satu faktor dinaiknya tariff cukai rokok adalah untuk membatasi pemakaian. Karena peredaran rokok sangat merusak  kesehatan dan lingkungan umum. (yun/red))

Artikel ini sudah diterbitkan di SKH Posko Malut, edisi Jumat  11 Oktober 2019, dengan judul ‘2020 Cukai Rokok Naik 23 Persen’

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: