poskomalut.com
baner header

Dinsos Malut Berikan Bantuan ASPD ke YAPC

TERNATE-PM.com, Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara (Malut) melaksanakan salah satu program bantuan melalui Kementerian Sosial yaitu pemeriksaan kesehatan penerima manfaat asistensi sosial penyandang disabilitas melalui LKS YPAC yang dilakukan tepat pada Hari ulang Tahun (HUT) Disabilitas Internasional yang ke 74.
Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Malut Julkifli, yang ditemui poskomalut.com saat wawancara Rabu (04/12/2019) menjelaskan, lembaga yang menerima program asosiasi sosial penyandang disabilitas (ASPD) pada tahun ini yaitu Yayasan Anak Penyandang Cacat (YAPC) yang merupakan satu satunya lembaga yang menerima program bantuan non tunai ASPD.
Sebanyak 94 penerima manfaat dimana setiap penerima manfaat sebesar Rp. 3.500.000 dalam satu tahun, dan walaupun komponen dalam ASDP itu dalam bentuk non tunai tetapi ada komponen kegiatan yang harus dilaksanakan oleh YPAC.
Menurut Kabid, kegunaan bantuan ini bukan untuk beli baju ataupun beras, pengunaannya sudah diatur diantaranya, pemeriksaan kesehatan, dukungan terapi, penambahan nutrisi, bimbingan rohani dan ada juga dukungan pengasuhan perawatan dari pihak keluarga.
Melalui hari disabilitas ini kabid berharap sahabat penyandang disabilitas agar tidak patah semangat, teruslah berkarya karena tuhan itu maha adil. Sementara itu, kepala YPAC Sunarno, menambahkan program pemeriksaan kesehatan penerima manfaat dan asistensi penyandang disabilitas pemanfaatannya mendukung pemenuhan dasar terutama kebutuhan hidup, dan kebutuhan dasar. karena yang menerima bantuan tersebut langsung dari orang tua dan yang menjadi tanggung jawab adalah pihak YPAC.
Dia meminta kepada orang tua penerima manfaat agar bantuan itu dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. “Selamat anak-anak penyandang disabilitas di Kota Ternate semoga anak-anak makin percaya diri dan jangan suka menyendiri buat grup supaya bisa bertukar pikiran,” tutup Sunarno. (Cr02/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: