poskomalut.com
baner header

Anggaran Belum Tersedia, 5 Paket Dishub Malut Tidak Jalan

SOFIFI-PM.com, Lima paket pekerjaan tahun 2019 di Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara sampai akhir tahun anggaran tidak jalan atau tidak tenderkan. Pasalnya,  anggaran daerah yang bersumber dari dana bagi hasil (DBH) berlum tersedia.

Lima paket Dishub Malut yang tidak jalan yakni rehab jempatan Tikong Rp 500 juta, rehab jembatan Nunce Rp 500 juta di Kabupaten Taliabu, paket perencanaan pelabuhan penyebrangan Gane Dalam Rp 500 juta, paket reviw bandara Obi Rp 500 juta dan kegiatan rutin penertiban trayek angkutan darat antara kabupaten dalam provinsi Rp 200 juta. Paket proyek ini anggarannya dilabelkan dengan DBH.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Malut Armin Zakaria saat dikonfirmasi wartawan via telepon mengaku, lima paket tersebut telah ditayangkan di LPSE, namun belum bisa ditenderkan karena belum ada SPD dari keuangan. ”Lima kegiatan ini sumber anggaran dari DBH. Jadi dari bagian keuangan daerah sampaikan progres penerima DBH belum tersedia. Jadi proyek tersebut belum bisa kami tender, padahal sudah ada disposisi dari Sekda,” ujarnya.

Ia mengaku, kegiatan ini dapat ditenderkan dan kontrak dengan pihak ketiga yang penting anggarannya tersedia, namum karena SPD dari keuangan belum ada sehingga, dirinya tidak berani ambil resiko.

“Jadi tender bisa dilaksanakanan sampai tandatangan kontrak pemenang. Kalau dana tersedia di keuangan karena, transaksinya antara keuangan dan pihak ketiga. Jadi program kegiataan jalan harus SPD keluar dulu dari Keuangan. Makanya kalau dinas laksanakan kontrak lalu anggaran tidak tersedia berpotensi jadi utang, makanya kami hindari itu,” ungkapnya.

Meskipun tahun lalu gagal dilaksanakan, di tahun 2020 ini, Dinas Perhubungan Malut kembali masukkan tiga paket kegiatan yang tidak berhasil ditenderkan, yakni rehap pelabuhan Nunce dan Tikong serta kegiatan reviu FS Bandara Obi. ”Untuk tahun ini kita masukan tiga paket lagi yaitu rehap pelabuhan Nunce dan Tikong serta reviu rencana pembangunan bandara Obi. Mudah-mudahan anggarannya tersedia dan DBH bisa di realisasikan,” harapnya. (iel/red)

Lima paket Dishub Malut 2019 Tak Berhasil Tender

Paket Rehab Jempatan Tikong (Taliabu)                    Rp 500 Juta

Paket Rehab Jembatan Nunce (Taliabu)           Rp 500 Juta

Paket Perencanaan Pelabuhan Penyebrangan Gane Dalam Rp 500 juta

Paket Reviw Bandara Obi                                 Rp 500 juta

Kegiatan Rutin Penertiban Trayek Angkutan Darat antar Kabupaten Dalam Provinsi                                                             Rp 200 juta

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: