Bawaslu Haltim Gelar Siaga Pengawasan Satu Tahun Jelang Pemilu

Foto bersama dalam kegiatan siaga pengawasan satu tahun jelang Pemilu 2024.

MABA-pm.com, Bawaslu Provinsi Maluku Utara meminta kepada lembaga pengawasan tingkat kabupaten/kota agar serius mengawasi seluruh tahapan Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Komisioner Bawaslu Provinsi Malut, Suleman Patras dalam apel satu tahun menjelang Pemilu 2024 di Haltim, Selasa (14/2/2023).

Dalam sambutanya Suleman mengatakan, kerja Bawaslu satu tahun menjelang Pemilu sangat padat, maka semua jajaran tingkat kabupaten/kota dituntut fokus bekerja.

"Kegiatan ini bagian dari membangun kekompakan dalam menjalankan tugas pengawasan satu tahun ke depan," ujarnya.

Sulemen menuturkan, pengawas di tingkat bawah yang sudah terpilih, tentu harus memiliki pengalaman dan kemampuan tentang kepemiluan.

"Jangan sesekali menghilangkan fungsi pengawasan karena ada sesuatu dan lainya," tuturnya.

Dirinya meminta para pengawas tidak mengambil langkag di luar kewenangannya.

"Jika ada hal-hal diluar dari kewenangan maka jangan pernah bersikap untuk mengambil suatu keputusan. Perbanyak berkoordinasi baik dengan teman maupun pimpinan tingkat atas," tandasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Haltim, Suratman Kadir mengatakan satu tahun menuju pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, jajar Panwascam sangat siap mengawal semua proses tahapan.

"Bawaslu Kabupaten Haltim beserta jajarnya Panwascam hingga pengawas desa sudah siap lahir dan batin untuk melakukan mekanisme penanganan pelanggaran dan mekanisme terhadap seluruh tahapan Pemilu 2024," tegasnya.

Suratman berharap Panwascam maupun PKD intens melakukan koordinasi dengan TNI/Polri di wilayah masing-masing, karena kerja tersebut adalah tugas negara yang dibebankan kepada lembaga pengawas Pemilu.

Meski begitu, kata dia, tugas tersebut bukan hanya berada pada lebaga pengawas Pemilu, namun menjadi tanggung jawab secara bersama masyarakat Indonesia terutama di Kabupaten Haltim.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan peluncuran aplikasi "Jarimu Awasi Pemilu" dan "Posko Kawal Hak Pilih, yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Anggota Bawaslu Provinsi Malut, Suleman Patras didampingi Ketua Bawaslu Haltim, Suratman Kadir beserta anggota dan koordinator sekretariat yang dikuti dari TNI/Polri, Camat Wasile dan Kepalada Desa Mekar Sari.

Kegiatan itu diakhiri dengan dilaksanakan pembacaan "Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2023", serta pendatanganan kesepahaman dalam mendeklarasikan Pemilu Damai dan Berintegritas.

Komentar

Loading...