Cakupan Imunisasi Campak Rubela di Maluku Utara, Kota Ternate Paling Rendah

TERNATE-pm.com, Data cakupan imunisasi tambahan Campak Rubela per-kabupaten/kota hingga 12 Agustus 2022 Maluku Utara menunjukan Kota Ternate paling rendah dengan capaian 25,6 peresen.

Kabupaten dengan cakupan imunisasi tertinggi ialah Morotai dengan capaian 75 persen disusul Kota Tidore dengan presentasi 61,8 persen.

Kepala Dinkes Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy dikonfirmasi awak media mengakui imunisasi belum mencapai 50 persen.

"Terbaru data yang kami dapat itu 27 persen, kalau tidak salah. Masih terendah di Maluku Utara," ujar Nurbaity saat ditemui di Lapangan Ngara Lamo, Rabu (17/8/222).

Ia mengungkapkan, rendahnya realisasi imunisasi disebabkan banyak orang tua yang masih trauma dan takut anaknya diimunisasi.

"Para orang tua masih trauma, karena pernah ada anak yang disuntik lalu meninggal dunia. Padahal penyebab anak itu meninggal bukan imunisasi tetapi sakit di otak. Anak meninggal karena imunisasi itu tidak ada," ungkapnya.

Dinkes terus mendorong angka capaian melalui tenaga kesehatan di masing-masing Puskemas dengan menyosialisasikan imunisasi baik untuk kesehatan anak.

"Dengan petugas lengkap, kami sekarang itu turun ke rumah-rumah. Tapi kalau orang tua mereka anak-anak tidak mau, kita tidak bisa paksa," kata dia.

Sampai pada 13 September 2022 nanti, Dinkes menghrapakan cakupan imunisasi sudah di atas 50 persen.

Komentar

Loading...