Cemari Lingkungan, Parade Halsel Tuntut Harita Nickel Bertanggung Jawab

Massa saat melakukan unjuk rasa

LABUHA-PM.com, Sejumlah Pemuda mengatasnamakan Pergerakan Aktivis Demokrasi (Parade) Halmahera Selatan, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Halmahera Selatan, serta kantor perwakilan PT Harita Group, Kamis (3/11/2022).

Di depan Kantor Disnaker, massa menyuarakan terkait masalah rekrutmen tenaga kerja lokal di perusahaan pertambangan yang beroperasi di Pulau Obi.

Sedangkan di Kantor Perwakilan PT Harita Group, terkait pencemaran lingkungan yang didiuga dampak dari eksploitasi lingkungan oleh PT Harita Group.

Koordinator lapangan, Ebamz mengatakan, berdasarkan riset yang dilakukan sejumlah akademisi Universitas Khairun Ternate pada tahun 2019 lalu. Mulai dari perairan Desa Akegula sampai Desa Soligi bagian selatan, memperlihatkan limbah di perairan laut Pulau Obi. Terutama di Desa Kawasi menuju Desa Soligi, telah terdampak limbah nikel perusahaan.

"Daerah ini berdasarkan pola arus yang sering terjadi, apabila limbah terbuang dari Desa Kawasi berarti dari kawasan industri PT Harita Group, "ujar Sahmar.

Sahmar menjelaskan, dari riset itu menemukan setidaknya 12 jenis biota laut yang diduga ambang batas normal. Misalnya, di laut Desa Kawasi, terdapat banyak sekali partikel lumpur dan di dalam lumpur tersebut terdapat mineral logam.

"Itu hasil penelitian, kita khawatir jangan sampai pendistribusian ikan dari Obi sudah tercemar limbah, karena ikan-ikan yang tercemar dalam hasil penelitian itu, adalah ikan-ikan primadona dengan harga tinggi di pasaran, "jelasnya.

Selain itu, kondisi perairan laut juga sangat berpengaruh dengan hasil tangkap nelayan setempat. Atas dasar itulah pihaknya mendesak PT Harita Group untuk bertanggungjawab dan melakukan rehabilitasi lingkungan yang sudah tercemar.

"Kami minta Harita harus bertanggungjawab. Kemudian informasi yang kami dapat, KPK juga mengakui ada pencemaran saat mengunjungi Pulau Obi, "tukasnya.

Dia menegaskan, jika PT Harita Grup tidak secepatnya ambil langkah, maka pihaknya akan melakukan konsolidasi besar-besaran dengan melibatkan masyarakat dan elemen-elemn strategis di Halmahera Selatan, untuk menduduki Kantor Perwakilan PT Harita Group di Bacan.

"Kalaupun tuntutan yang kami sampaikan ini tidak diakomodir, kami pastikan gerakan berikut, massa yang didatangkan lebih banyak lagi, "tegasnya. (Red)

Komentar

Loading...