Desak Pemkot Ternate Terbitkan Perwali Pemakaian Badan Jalan

Anggota Komsi I DPRD Ternate, Yamin Rusli.

TERNATE-pm.com, Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Ternate, melalui komusi I mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) segera menerbitkan peraturan wali kota (Perwali) tentang Pemakain Badan Jalan.

Hal itu disampaikan anggota Komsi I DPRD Ternate, Yamin Rusli kepada awak media usai Rapat Dengar Pemdapat (RDP) dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan perwakilan Polres Ternate, Selasa (07/03/2023).

Yamin mengatakan, desakan penertiban Perwali menyusul kejadian di Kelurahan Toboko, Ternate Selatan, Kota Ternate, salah satu ruas jalan utama ditutup, hanya untuk hajatan kawinan yang cukup bikin resah warga.

Dishub dan pihak Polres pun dipanggil untuk melakukan rapat koordinasi.

"Jadi tadi kami sudah rapat koordinasi dengan Dishub dan Polres terkait jalan yang ditutup rapat oleh pihak yang berkepentingan membuat acara pernikahan," ujarnya.

"Karena kadang masyarakat kita ini tidak paham, rekomendasi yang diterima adalah pemakain jalan, maka hanya dipakai sebelah badan jalan saja. Bukan berarti ditutup sepenuhnya badan jalan, sehingga kendaraan tidak bisa melintas,"sambungnya.

Meski begitu, komisi I bakal ambil langkah membuat pengkajian tentang Perwali Pemakain Badan Jalan.

"Kami (Komisi I) juga bisa ambil langkah apabila Dishub terlambat, kami bakal undang Satpol-PP dan pihak pihak terkait untuk dilibatkan dalam pengkajiannya," bebernya.

Tidak hanya itu, Yamin menyampaikan ada beberapa model jalan. Dibagi juga ada jalan provinsi, pemda, jalan desa/kelurahan.

"Nah apabila jalan provinsi, yah harusnya ijinnya dikeluarkan Polda. Kalau jalan pemda yah ijinnya dikeluarkan Polres dan sebaliknya, apabila jalan desa/kelurahan maka ijinnya dikeluarkan Polsek," jelasnya.

Komentar

Loading...