Dispora Kota Ternate Minta BPIP Tinjau Kembali Hasil Seleksi Capaska Maluku Utara

Surat permohonan peninjauan kembali hasil seleksi Capaska tingkat pusat 2023 dilayangkan Dispora Kota Ternate ke BPIP RI.

TERNATE-pm.com, Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melayangkan surat kepada Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP RI untuk meninjau kembali hasil seleksi Calon Paskibraka (Capaska) tingkat pusat 2023.

Surat permohonan peninjauan kembali hasil seleksi Capaska tingkat pusat 2023 dengan nomor : 800/199/2023 yang ditandatangani Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ternate, Sutopo Abdullah, Jumat 14 Juli 2023 itu juga disampaikan kepada Gubernur Maluku Utara, Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara, Ketua DPRD Kota Ternate di Ternate serta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Utara di Sofifi.

Dalam surat itu, disebutkan, menindaklanjuti surat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Nomor : 2777/PE/07/2023/D5 Perihal Panggilan Mengikuti Pemusatan Diklat Calon Pasukan Paskibraka Bendera Pusaka (Capaska) Tingkat Pusat Tanggal 13 Juli 2023 dan Pemberitahuan Hasil Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Pusat Tahun 2023. Maka kami menyampaikan hal-hal sebagai berikut :

Penetapan Capaska Pusat berdasarkan keputusan Kepala Dispora Prov. Malut Nomor 800/018/2023 tertanggal 16 Mei 2023 yang menetapkan Nanda Maulidya Capaska Utusan Kota Ternate sebagai Capaska Tk. Pusat yang mendahului pemeriksaan MCU; Pemeriksaan MCU baru dilaksanakan sebulan setelah penetapan Capaska Pusat Maluku Utara tepatnya dilaksanakan pada tgl 15- 17 Juni 2023 dan penganggaranya dibebankan kpd masing2 Capaska Pusat.

Tim MCU Daerah Maluku Utara merilis hasil MCU Nanda Maulidya dengan predikat Memenuhi Standar Capaska Pusat. Kemudian hasil MCU Capaska Pusat dikirim secara online oleh admin Transparansi Paskibraka Badan Kesbangpol Prov. Malut pada 18 Juni 2023 melalui jotform yg disediakan tim MCU pusat BPIP.

Hasil Verifikasi atas Hasil MCU Daerah oleh Tim MCU Pusat dilaksanakan semenjak penginputan hasil MCU melalui Jofrom selama 18 hari terhitung sejak tanggal 18 Juni sampai dengan 6 Juli 2023;

Di mana pemberitahuan lisan oleh Sances BPIP ke Dispora Provinsi Malut yang kemudian diteruskan ke Dispora Kota Ternate pada Kamis, 6 Juli 2023, Perihal hasil verifikasi MCU Capaska pusat atas nama Nanda Maulidya dan segera meminta untuk melakukan pemeriksaan MCU untuk Cadangan Putri Capaska Pusat. Menurut Dispora, seharusnya secara legalitas penyampaiannya melalui surat pemberitahuan tersebut dari tim MCU BPIP Pusat dengan melampirkan hasil verifikasi tim MCU Pusat).

Pemeriksaan MCU Cadangan Putri Capaska Pusat dilaksanakan pada tgl 10 s.d 11 Juli 2023;

Pengiriman hasil MCU cadangan putri inprosedural, tidak melibatkan admin Badan Kesbangpol Prov melalui jotform.

“Berselang 2 hari setelah pemeriksaan MCU cadangan Capaska Pusat, kami lebih dulu menerima surat dari BPIP perihal pemangilan pasldbraka tingkat Pusat untuk pemusatan diklat di Jakarta,” bunyi keterangan Kadispora Kota Ternate salam surat tersebut.

Selanjutnya di tanggal yang bersamaan atau 13 Juli 2023, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP menandatangani surat perihal hasil seleksi Paskibraka Pusat berdasarkan hasil MCU Daerah;

Durasi verifikasi atas hasil MCI-J Cadangan Capaska Putri hanya berselang sehari sebelum penetapan Capaska Pusat.

“Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa telah tetjadi tindakan tidak sesuai prosedur dalam proses pergantian calon Paskibraka Nasional utusan Provinsi Maluku Utara yang mengarah pada praktek-praktek nepotisme,” tegas Sutopo.

Komentar

Loading...