Jemput Kiriman Ganja dari Medan, Pemuda 21 Tahun Diringkus Polisi

Barang bukti dan pelaku saat diamakan polisi.

TERNATE-pm.com, Tim Opsnal Unit II Subdit III Direktorat Reserse Narkoba (Dit-Resnarkoba) Polda Malut kembali menanangkap satu orang diduga penyalahgunaan narkoba jenis ganja.

Pelaku berinsial MAG alias Ete (21) diciduk pada Rabu 1 Februari 2023 kemarin sekira pukul 14:30 WIT, di depan Kantor Pos Soasio Tidore Kepulauan.

Di tangan pelaku barang bukti yang berhasil diamankan satu paket besar berisikan narkotika diduga jenis ganja dengan berat bruto 1 kilo gram, satu buah celana bekas dan satu unit handphone Xiomi Silver.

Direktur Ditresnarkoba Polda Malut, Kombes Pol Try Setyadi, menyampaikan pada tim Opsnal Unit II Subdit III Dit-Resnarkoba Polda Malut mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa akan dilakukan transaksi narkotika yang dikirim melalui jasa pengiriman Kantor Pos dari Medan dengan tujuan Tidore Kepulauan (Soasio).

"Berdasarkan informasi tersebut kemudian tim Opsnal Unit 2 Subdit III yang dipimpin oleh Panit 2 Subdit III Aipda Kirwan Umanahu bergerak menuju ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan koordinasi dengan pihak Kantor Pos Tidore," katanya, Kamis (2/2/2023).

Kata dia, tim Opsnal langsung melaksanakan control delivery dan pemantauan di sekitar TKP. Kemudian sekira pukul 14:00 WIT terlapor menelpon kepada kurir bahwa bersangkutan akan datang mengambil paket yang dicurigai narkotika ke Kantor Pos Soasio Tidore. Kemudian tim Opsnal Unit 2 langsung bergerak menuju TKP dan melakukan pemantauan dan monitoring disekitar TKP.

"Sekira pukul 14:30 WIT tim Opsnal melihat ada seorang laki-laki yang datang mengambil paket yang dicurigai tersebut, dan tim langsung melakukan penangkapan terhadap terlapor tepat di area depan Kantor Pos Soasio Tidore," tuturnya.

Dia menambahkan, usai ditangkap, terlapor dibawa oleh tim Opsnal untuk di lakukan interogasi dan Tes Urine, dari hasil interogasi awal terlapor mengatakan bahwa barang tersebut bukan milik dia melainkan milik Ramon (masih dalam lidik tim opsnal unit). Selanjutnya terlapor dibawa ke Kantor Dit-Resnarkoba Polda Malut untuk dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan lebih lanjut.

"Tim mengamankan terlapor dan barang bukti serta melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut. Telah dilakukan tes urine terhadap terlapor dan hasilnya positif ganja," jelasnya.

Ia bilang, saat ini tim masih melakukan pengembangan kasus tersebut. Cek urine positif brarti pemakai, dan barang buktinya besar masih di dalami apa kurir atau pengedar.

"Atas perbuatannya terlapor diancam pidana dalam pasal 111 dengan ancaman paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun," pungkasnya.

Komentar

Loading...