Modus Ngontrak Rumah, Seorang Pria di Ternate Gasak Dua Unit HP Seharga Rp34 Juta 

Ilustrasi.

TERNATE-pm.com, Salah satu pemuda di Kota Ternate diduga melakukan tindak penipuan terhadap seorang karyawan toko elektronik.

Pemuda tersebut berhasil menggasak dua unit Handphone (HP), Samsung S22 Ultra dan tab s8 dengan total harga Rp34 juta.

Sebelum melancarkan aksinya, pelaku berinisial HM berpura-pura mengontrak salah satu rumah di Keluarahan Salero, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate. Pelaku mendatangi rumah milik, IW dengan modus mengontrak bangunan tersebut.

Namun, IW berdalih menunggu istrinya balik dari Sofifi untuk membicarakan kelanjutan kontrak. Sembari menunggu kepulangan istri IW, pelaku menyempatkan waktu melihat-lihat kondisi rumah tersebut.

Dengan alibi menunggu teman, oleh pemilik rumah pelaku diizinkan untuk duduk-duduk sebentar di teras rumah.

Tak berselang lama, pelaku menghubungi korban (AM). Korban dengan segera datang menemuinya di rumah tersebut membawa dua unit HP yang dipesan pelaku.

Tanpa merasa curiga, korban membiarkan pelaku mengecek kondisi HP. Pelaku lantas mengambil barang yang menjadi target penipuan itu dibawa ke dapur sembari menyuruh korban untuk menunggu karena mau mengambil uang.

Ternyata, pelaku sudah berhasil kabur tanpa diketahui korban dan pemilik rumah.

Kapolsek Ternate Utara, IPTU Syamsul B mengungkapkan, aksi penipuan itu terjadi pada Rabu 18 Januari 2023 kemarin, sekira pukul 20:10 WIT. Korban membuat laporan di Polsek Ternate Utara sekira pukul 21:00 WIT.

"Ternyata dia (pelaku) ada pesan HP di Garasi Tab salah satu tokoh elektronik di Kelurahan Gamalama," kata Syamsul kepada awak media, Kamis (19/1/2023).

Kapolsek menerangkan, pada saat karyawan toko datang, pemilik rumah mengira itu adalah teman pemuda yang berencana mengotrak rumahnya.

"Korban mengira itu rumah pelaku. Namun tidak lama pelaku melarikan diri lewat pintu belakang sambil membawa kabur dua HP," terang Kapolsek.

Lanjutnya, korban menunggu hampir setengah jam pelaku tidak kembali. Korban pun merasa aneh dan bertanya kepada pemilik ke mana pemuda tadi.

"Pemilik rumah bilang bukankah itu teman kamu. Ketika itu pelaku dihubungi lewat panggilan telepon namun sudah tidak aktif," tuturnya.

Diketahui, pelaku itu memesan dua unit gawai pintar tersebut lewat Facebook.

Kata Kapolsek, pihaknya juga sudah mengembangkan informasih keberadaan pelaku, dan diketahui sudah berada di luar Kota Ternate bersama anak istrinya.

"Jadi kami akan saling berkomunikasi dengan teman-teman jajaran," tukasnya.

Komentar

Loading...