Pendaftaran Bakal Caleg PAN Malut Melebihi Kouta

TERNATE-pm.com, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Maluku Utara mengklaim kuota pendaftaran bakal Calon legislatif (Caleg) di semua daerah pemilihan (Dapil) penuh.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Malut, Hairun Rizal, mengatakan sejauh ini dilihat antusias para toko internal Partai dan eksternal di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk berkompetisi di Pileg 2024 mendatang cukup tinggi. Ini dapat dilihat dari kouta Caleg yang terisi penuh.

Dirinya menyebut, sesuai yang tercatat di induk daftar DPW PAN Malut, para bakal calon legislatif meningkat di lima daerah pemilihan (Dapil). Sementara tercatat empat dapil sudah melampaui kuota yang sudah ditetapkan partai.

"Dari data yang dikantongi saat pendaftaran sampai Ahir penutup ini semua daerah pemelihan (Dapil) seluruh kabupaten kota suda penuh," ucapnya, Senin 14 November 2022.

Ia merinci seperti Dapil satu, Halbar-Ternate kuota yang tersedia 12 kini suda 18 bacaleg,untuk dapil 2 Morotai-Halut dari 9 kuota kursi partai namun kini suda melewati sampai 14 orang bacaleg.begitu pula didapil 3,Tidore, Haltim dan Halteng tersebut juga tercatat suda melebihi.hal itu juga sama dengan dapil 4 Halmahera Selatan kuota bacaleg suda lebih daftar.

Namun, ada kekurangan kuota bacaleg hanya pada dapil 5 yakni Sula-Taliabu yang kekurangan satu kursi,namun dengan kekurangan tersebut tidak tutup kemungkinan suda dipersiapkan dengan memperpanjang pendaftaran.

"Target di nantinya itu semuanya harus merebut 5 kursi DPRD Provinsi meski begitu jika dilihat komposisi bacaleg dipastikan akan bisa mencapai 7 kursi di Provinsi," ucapnya.

Lanjutnya, dari hasil koordinasi internal DPP,DPW dan tingkat DPD Kabupaten Kota ditargetkan setiap daerah pemilihan itu harus diwajibkan mengpeoleh dua kursi DPR.

"Kami dari partai PAN sendiri juga dilihat Figur bakal calon yang di siapkan Partai ini kemungkinan besar akan setiap dapil akan bisa merebut 2 kursi pada pemilihan legislatif 2024 mendatang," tuturnya.

Dijelaskan, Partai Amanat Nasional (PAN) Malut suda membuka pendaftaran sejak tanggal 5 November 2022 kemarin sampai tanggal 10 November dan diperpanjang lalui komite Bappilu DPW Malut diperpanjang sampai tanggal 15 November 2022.

"Proses kita suda penuhi, nantinya Tanggal 15 esok penutupan bakal calon legislatif untuk di persiapkan menjelang Pemelihan serentak 2024 akan ditutup," katanya.

Dikatakan,karena hampir semua wilayah Daerah pemelihan suda melebihi kuota bacaleg di seluru dapil yang suda ditetapkan partai nantinya akan dikaji secara internal partai untuk diputuskan bakal caleg yang mana yang akan disiapkan untuk menuju 2024.

"Dari hasil rapat internal untuk diputuskan berdasarkan rapat komite Bappilu bila mana satu dapil suda melampaui kuota akan dilakukan telah secara mendalam berdasarkan standar yang ditetapkan partai," bebernya.

Bukan hanya itu, kemudian sarat dan ketentuan tersebut akan dibuat partai untuk diumumkan ke bakal calon untuk di seleksi siapa-siapa yang layak untuk berlaga di 2024 nantinya.

"Nantinya kita akan menyeleksi kembali oleh DPW apakah figur tertentu yang memang tak memenuhi standar yang suda di tetapkan internal maka tentu akan digugurkan dengan sendirinya"ucapnya

Komentar

Loading...