PPK se-Kota Ternate Resmi Dilantik, Ketua KPU Pinta Jaga Integritas

Pelantikan PPK langsung dirangkai dengan agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ternate bertempat di Aula Water Boom, Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara.

TERNATE-pm.com, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Ternate resmi dilantik pada Rabu (04/01/2023).

Pelantikan itu langsung dirangkai dengan agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ternate bertempat di Aula Water Boom, Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara.

Ketua KPU Ternate, M Jen A. Karim mengatakan, Bimtek PPK dilakukan selama dua hari. Yakni Rabu sampai Kamis, 5 Januari 2023.

"Karena sekarang KPU sudah menghadapi tahapan Pemilu, olehnya itu kita sudah langsung melaksanakan bimbingan teknis, untuk memberikan pemahaman terhadap teman-teman PPK," bebernya.

M Jen menyebut, Pemilu itu bisa berjalan dengan tertib dibutuhkan senergitas antara Bawaslu dengan KPU. Selain itu, integritas dan independensi penyelenggara sangat penting dalam menciptakan Pemilu yang bersih dan bermartabat.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Ternate, Kifli Sahlan dalam kesempatan itu mengharapkan anggota PPK yang baru saja dilantik mampuh melaksanakan tugas dan kewenangannya sesuai peraturan dan perundang-undangan.

Ia menambahkan, perlu adanya koordinasi antara PPK dan Panwascam untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu pada level kecamatan.

"Keduanya berbeda hanyalah pada level kewenangan. Kalau Panwascam kewenangan melakukan pengawasan dan penanganan pelanggaran sementara pekerjaan teknis merupakan tugas PPK," tandasnya.

Komentar

Loading...