Sempat Kabur Saat Ditangkap, Residivis Ganja di Ternate Berhasil Diringkus Polisi

Pelaku bersama barang bukti saat diamankan.

TERNATE-pm.com, Tim Operasional Unit 1 Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Ternate berhasil menangkap satu terduga pelaku penyalahgunaan narkotika golongan satu jenis ganja kering.

Terduga pelaku dengan inisial RJ alias Ami (30) diringkus di lingkungan Koloncucu Puncak, Kelurahan Toboleu, Ternate Utara, Rabu, 15 Februari 2023 lalu pukul 19:30 WIT.

Kasat Narkoba Polres Ternate, AKP Bakri Syahruddin melalui Kasi Humas, IPTU Wahyuddin mengatakan, terduga pelaku diringkus setelah anggota menerima informasi adanya transaksi ganja dari masyarakat.

“Dari laporan tersebut, anggota anggota unit 1 Satnarkoba Polres Ternate yang dipimpin Kanit 1, Bripka Soedharmono langsung melakukan pemantauan di wilayah tersebut,” jelas Wahyuddin saat dikonfirmasi, Selasa (28/2/2023).

Dalam pemantauan, lanjut Kasi Humas, anggota melihat terduga pelaku dengan gerak gerik mencurigakan saat mengendarai sepeda motor.

“Terduga pelaku menunduk dan mengambil sebuah kantong plastik putih dan langsung membawa pergi menjauh dari TKP," terangnya.

Merasa dibuntuti, terduga pelaku dengan cepat langsung membuang kantong plastik tersebut dan melarikan diri dengan kecepatan tinggi. Anggota pun berusaha mengejarnya.

“Sempat kejar-kejaran, tapi terduga pelaku berhasil diamankan dan langsung diperiksa,” katanya.

Anggota berhasil menemukan barang bukti 5 sachet plastik bening berukuran sedang yang diduga berisi ganja dengan berat bruto 116,40 gram, 51 sachet plastik bening berukuran kecil diduga ganja dengan berat bruto 35,62 gram.

“Selain itu, anggota juga mengamankan 1 kantong pelatik putih, 1 unit handphone samsung A11 dan 1 buah kartu sim,” tutur Wahyudin.

Terduga pelaku mengakui bahwa barang bukti berupa ganja itu diambil atas perintah R yang berdomisili di Bacan Kabupaten Halmahera Selatan.

“Terduga tersangka ini merupakan residivis kasus narkoba dan sudah dua kali menjalani hukuman, yaitu pada 2014 ditangani Dit Resnarkoba Polda Maluku Utara dan divonis empat tahun, dan pada 2019 yang ditangani Polsek Ternate Utara Polres Ternate, divonsi empat tahun juga,” beberanya.

Saat ini, kata Wahyuddin, terduga pelaku sudah diamankan di tahanan Polres Ternate untuk penyelidikan lanjutan.

“Terduga pelaku dijerat dengan pasal 114 ayat (1) atau pasal 111 ayat (1) UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman paling sedikit 4 tahun penjara,” pungkasnya.

Komentar

Loading...