Sultan Tidore Tak Lagi Bertarung DPD RI di 2024

Sultan Tidore H. Husain Alting Sjah

TERNATE-pm.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara telah resmi menutup tahapan penyerahan syarat dukungan minimal pemilih bakal calon Anggota DPD RI Dapil Maluku Utara untuk Pemilu 2024, Kamis (29/12).

Sebanyak 17 bakal calon menyerahkan syarat dukungan ke Kantor KPU Provinsi Maluku Utara hingga akhir penutupannya pukul 23.59 WIT.

Dari 17 nama bakal calon ini, dua nama diantaranya petahana Anggota DPD RI, yakni Namto Roba dan Ikbal Djabid.

Sementara, dua petahana senator lainnya yakni H. Husain Alting Syah yang juga Sultan Tidore dan Matheus Stefi Pasimanjeku nampaknya lagi tidak mengikuti tahapan tersebut.

"Hal yang menarik bahwa itu kan sekarang ada inkumben. Inkumben itu kan ada 4 orang tapi yang mendaftarkan diri untuk bakal calon di periode untuk Pemilu 2024 ini dua orang. Yaitu Ikbal Djabid dan Namto Hui Roba, sedangkan Pak Stefi dan Pak Sultan tidak lagi mendaftar bakal calon atau tidak menyerahkan dukungan lagi sebagai bakal calon," kata H. Buchari Mahmud, Anggota KPU Provinsi Maluku Utara, Jumat (30/12/2022).

Menurutnya, sebagian besar bakal calon di luar dari bakal calon petahana pun adalah pendatang baru, minus bakal calon atas nama Sarka Eladjouw yang merupakan peserta calon Anggota DPD RI yang tidak terpilih pada Pemilu 2019 silam.

"Berarti yang sisa 15 lainnya itu adalah pendatang baru semuanya. Kecuali Pak Sarka, itu peserta di tahun 2019 kemarin itu kembali bertarung disaat ini," timpalnya.

Komentar

Loading...