Wapres RI Hadiri Pengukuhan KDEKS Provinsi Malut

Sambutan Wakil Presiden Indonesia, K.H Ma’ruf Amin dalam giat pengukuhan KDEKS Provinsi Malut. (Humas kepresidenan).

TERNATE-pm.com, Pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Maluku Utara (Malut) resmi dikukuhkan Plt. Direktur Eksekutif Komite Nasional dan Keuangan Syariah (KNEKS) Taufik Hidayat di Gamalama Ballroom, Sahid Bella Hotel, Ternate, pada Rabu (10/5/2023).

Pengukuhan itu dihadiri secara langsung Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H Ma’ruf Amin selaku Ketua Harian KNEKS.

KDEKS Maluku Utara ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur Maluku Utara Nomor: 350/KPTS/MU/2023 tanggal 5 Mei 2023 tentang Pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Provinsi Maluku Utara.

Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengapresiasi karena KDEKS telah terbentuk di Maluku Utara.

Menurutnya, ini adalah bentuk komitmen pemerintah daerah untuk menjadikan ekonomi dan keuangan syariah turut berperan dalam mendukung percepatan pembangunan di wilayah Maluku Utara. 

Dirinya berharap KDEKS di Maluku Utara dapat menjadi motor penggerak dalam mengkaji, menggali dan mewujudkan berbagai potensi pada masing-masing fokus pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di wilayah ini. Utamanya dengan mengoptimalkan komoditas unggulan Maluku Utara seperti cengkeh, pala dan juga kopra.

Misalnya untuk pala, tidak hanya diekspor dalam bentuk bahan mentah, pala dapat diolah menjadi minyak atsiri, manisan dan bumbu masak yang dapat diterima konsumen lokal, nasional hingga global. 

"Saya kira, dalam kerangka pengembangan industri produk halal perlu dikaji dan diinisiasi pengembangan Halal Export Center untuk mendukung peningkatan ekspor dan hilirisasi komoditas unggulan ini,” ucap Maruf

Hilirisasi pangan atau perkebunan itu, lanjut Waprers, akan membawa penguatan ekonomi masyarakat, berbeda dengan hilirisasi tambang, biasanya hanya dinikmati oleh para pemilik modal, pengusaha yang kuat. Tapi hilirisasi pangan, hasil kebun itu akan membawa penguatan pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Termasuk bagaimana penguatan rantai pasok halal (Halal Value Chain) terkait sertifikasi produk halal olahan rempah maupun terhadap produk UMKM daerah.

Dalam penciptaan ekosistem dan infrastruktur syariah, KDEKS Maluku Utara diharapkan dapat meningkatkan literasi dan pengetahuan tentang ekonomi dan keuangan syariah. Utamanya kepada kalangan pelajar atau generasi muda dan kalangan potensial lainnya.

“Saya kira pemuka agama, kalangan akademisi maupun juga ahli-ahli ekonomi Islam putra daerah Maluku Utara harus didorong untuk mengambil peran ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gansi Kasuba menyampaikan rasa bangga, karena pengukuhan ini dapat dihadiri langsung Wakil Presiden RI.

Kata gubernur, nantinya diharapkan dapat dimaknai semua pengurus yang dikukuhkan sebagai sebuah tanggung jawab yang tinggi, dan dapat memacu semangat pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab. Khususnya dalam percepatan implementasi program ekonomi syariah.

"Kehadiran pengurus ini kita harapkan dapat meningkatkan Literasi Masyarakat terhadap Ekonomi  dan Keuangan Syariah serta ikut serta berupaya mendorong tumbuhnya Pelaku Usaha dan Keuangan Syariah,” katanya.

Gubernur dua periode itu juga mengingatkan pula agar seluruh dewan pengurus dapat menjalankan peran strategisnya dengan baik. Dan, dapat memberikan manfaat melalui sinergitas antara komite nasional dan daerah.

Komentar

Loading...