poskomalut.com
baner header

Bawaslu Kota Ternate Bentuk Gakkumdu

TERNATE- PM.com, Sentra Gakkumdu Kota Ternate telah dibentuk pada 14 februari 2020, serta beberapa komposisi lainnya. Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Kota Ternate Kifli Sahlan pada poskomalut.com jumat (14/02/20).
Ia mengatakan, hari ini juga pihaknya sudah sampaikan ke Bawaslu Provinsi untuk di SK kan, terhitung SK pembentukannya Gamkkumdu hari ini. “Itu artinya bahwa proses penegakan hukum di Bawaslu dalam konteks pemilihan, yang berhubungan dengan tindak pidana pemilihan itu sudah bisa diproses oleh Bawaslu Kota Ternate karena Gakkumdu sudah dibentuk,” jelasnya.
Tadi juga sudah ada beberapa respon baik dan kerja sama sudah dibicarakan dan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan berbagai macam rapat untuk tindak lanjut Gakkumdu kedepan.
Ia mengatakan, salah satu tahapan yang paling penting dan krusial yang akan dihadapi pada pemilihan walikota ini adalah terkait dengan dugaan tindak pidana pemulihan pada syarat dukungan perseorangan. “Untuk itu kami selalu cover informasi dari KPU terkait dengan dua calon perseorangan yang nanti akan memenuhi syarat-syarat yang sebagaimana ditentukan dalam peraturan KPU. “Namun kami berharap pendaftaran dua calon perseorangan tersebut bisa dilaksanakan dengan baik sehingga tidak terjadi dugaan tindak pidana pemilihan walikota dan wakil walikota,” harapnya.
Ia menambahkan, ada dua pintu masuk terkait dengan dugaan pelanggaran yang pertama adalah, kalau temuan yang ditemukan langsung oleh bawaslu dan perangkat sampai pada tingkat bawah, dan yang kedua adalah adanya laporan dari masyarakat. “Selama ada laporan dari masyarakat maupun ada temuan dari bawaslu telah memenuhi unsur formil dan materil maka kami akan proses hingga sampai pada jaksa melakukan penuntutan sampai pada pengadilan kalau itu terkait dengan tindak pidan pemilihan,” tutupnya. (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: