poskomalut.com
baner header

KPU Ternate Sosialisasi PKPU Nomor 5/2020

TERNATE-PM.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, Selasa (30/6) kemarin menggelar kegiatan sosialisasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil walikota tahun 2020.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung Ketua KPU Kota Ternate Zen A. Karim. Dalam sambutannya, Zen mengatakan, dalam melaksanakan tahapan pilkada tetap menggunakan protokol kesehatan. Lanjut Zen, memang PKPU tentang pemilihan dan protokol kesehatan belum ada, tetapi akan dikeluarkan. Ini penting, karena dalam PKPU tersebut mengatur mulai dari pencalonan sampai pungut hitung.

Sementara, Kuad Suwarno yang menyampaikan materi dalam kegiatan sosialisasi tersebut menyampaikan panjang lebar tentang tahapn dan program, termasuk tahapan yang sementara berjalan sekarang ini adalah verifikasi faktual (verfak) pasangan bacalon perseorangan dan pemutakhiran data pemilih. “Mohon teman-teman parpol juga berpartisipasi dalam mensukseskan pemutakhiran data pemilih ini,” kata Kuad.

Pembicara lain, devisi data KPU ternate Jainudin Ali berharap dalam pemutakhiran data pemilih pada pilkada kali ini lebih baik. Semua warga yang memiliki hak pilih dapat terdaftar dalam DPT. “Memambg persoalan data pemilih ini selalu menjadi sumber sengketa. Kita berharap agar pada pilwako nanti semua warga yang sudah memenuhi syarat bisa terdaftar di daftar pemilih,” ujarnya. Kegiatan sosialisasi ini dipandu oleh anggota KPU ternate Soleman Patras. (wat/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: