poskomalut.com
baner header

November, Bawaslu Kota Ternate Buka Pendaftaran Panwascam

TERNATE-PM.com, Badan Pengawas Pemilu  (Bawaslu) Kota Ternate mengagendakan membukan pendaftaran pembentukan lembaga ad hoc Panitia Pengawas Kecematan (Panwascam) pada November mendatang. “Awal atau pertengahan November itu sudah dibuka perekrutan secara terbuka untuk Panwascam,” ungkap Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan, saat ditemui Posko Malut, di ruang kerjanya Selasa (29/10).

Pembentukan Panwascam ini didahului sebelum pembentukan Panitia Pemilihan Kecematan (PPK) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Panwascam dibentuk satu bulan sebelum pembentukan PPK,” tuturnya.  Pembentukan PPK sebagaimana dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020, akan digelar Januari mendatang. “Setelah Panwascam terbentuk, nantinya Panwascam akan mengawasi proses pembentukan PPK serta beberapa lembaga ad hoc lain di bawah PPK,” jelasnya.

Ia menyampaikan saat ini Bawaslu Kota Ternate sedang menunggu petunjuk teknis (juknis) perekrutan Panwascam dari Bawaslu RI. “Untuk sementara Bawaslu Kota Ternate sudah menyusun modul dan sehari dua akan dikirim ke Bawaslu RI. Selanjutnya, akan dipelajari dan pada awal atau pertengahan November sudah dibuka perekrutan terbuka Panwascam,” tutup Kifli. (PM-02/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: