Deprov Malut Minta Tim Gugus Tugas Buka Data Covid-19 di Publik

Kuntu Daud

SOFIFI-PM.com, Data kasus Covid-19 yang tersebar di kabupaten kota di Maluku Utara (Malut) saat ini mejadi polemik di publik.

Ketua DPRD Malut Kuntu Daud meminta Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Malut agar membuka data  ke publik secara transparan. “Saya yakin jika data Covid-19 dibuka secara transparan ke publik, tidak ada tanggapan dari masyarakat, maupun ramai di media sosial,” kata Kuntu pada wartawan, Selasa (19/5).

Kuntu meminta pada juru bicara Gugus Tugas Provinsi Malut jangan hanya menyampaikan angka-angka penderita virus, yang dikantina berapa namun juga menyampaikan dampak sosial, ekonomi lain atas Covid-19 dan kebijakan penanganan apa juga disampaikan sehingga public memahami. ”Di Gugus tugas Covid-19 ini ada berapa bidang pencegahan, pemulihan dan beberapa bidang lainnya, disampaikan pada publik progresnya, jangan hanya Cuma jumlah penderita berapa,” katanya.

Politisi PDIP itu juga mengeritik pola informasi yang disampaikan oleh juru Bicara Covid-19 Malut yang hanya menyampaikan jumlah kasus posotif Covid-19 secara keseluruhan sejak wabah ini ada di Malut, sehingga masyarakat kian panik. ”Harus diatur informasi yang disampaikan ke publik sehingga masyarakat kita tidak panik namun tetap waspada, karena  selama ini saya tidak pernah dengar berapa yang sudah keluar jadi tinggal sekian, pasien dari mana-mana yang sudah jalani swab tapi hasilnya masih positif atau negatif,” ungkapnya.

Kuntu juga meminta informasi yang disampaikan pada publik harus dikoordinasikan pada ketua Gugus Tugas yang juga gubernur Malut, atau ke wakil ketua, supaya ada kebijakan-kebijakan strategis dalam penanganan Covid-19 di Malut juga disampaikan. ”Informasi terkait covid-19 ini sebelum disampaikan ke Publik, harus koordinasi dengan ketua gugus, mungkin ada kebijakan strategis lain yang perlu disampaikan dengan meningatkatnya kasus covid-19 ini, jangan hanya tambahan kasus covid-19 diumumkan,” pintanya. (iel/red)

Komentar

Loading...