poskomalut.com
baner header

Deprov Malut Minta Pemprov Selidiki Penyebab Banjir Banda di Halut

SOFIFI-PM.com, Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara dapil II Kabupaten Halmahera Utara-Pulau Morotai Sukri Ali mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut menyelidiki penyebab terjadinya banjir banda di Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

“Musibah kapan saja terjadi, dan hal itu tidak bisa kita pungkiri, namun perlu ada penyelidikan penyebab terjadi banjir yang begitu besar, hingga ‘melibas’ tiga kecamatan di Halut,” kata Sukri

Sukri menuturkan bisa menduga penyebab banjir yang diterjadi di Halmahera Utara itu jangan sampai akibat dari penebangan hutan secara ilegal, untuk itu pihak terkait dalam hal ini Dinas Kehutanan segera turun. ”Salah satu penyebab banjir itu akibat dari penebangan hutan, Untuk itu perlu korces dilapangkan, apa sebabnya, jangan sampai setiap hujan deras, masyarakat yang akan jadi korban akibat banjir,” katanya.

Politisi Partai Hanura itu mengaku, informasi yang dihimpun, bahwa ada dugaan aktivitas pertambangan disana, untuk itu Pemerintah Provinsi Malut melalui dinas ESDM dan Dinas lingkungan serta Dinas Kehutanan untuk turun cek. ”Desa roko kecamatan Galela Barat, ada aktifitas pertambangan disitu, untuk itu dinas terkait segera turun,” bebenya.

Hal yang senada dikatakan anggota Deprov Sahril Taher menuturkan, bahkan sungai yang ada di Kao barat itu, itu satu mata air dengan suangi Tiabo yang ada di Galela barat.”berdasarkan informasi dari tokoh masyarakat disana bahwa sungai di Kao barat itu satu mata air dengan suangi Tiabo,” katanya.

Bahkan berdasarkan keterangan dasi masyarakat Kao barat itu, bajir sering terjadi, namu tidak separah yang terjadi pada pekan kemarin itu,”sering banjir manu hanya meredam di perkebunan warga, namun  banjir kali ini meredam sampai ke pemukiman warga, dan banjir yang sangat besar,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya menita Pemrov  segera turun dengan melakukan normalisasi sungai pasalnya salurkan air itu sudah penuh dengan material. (iel/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: