Diduga Intervensi Proses Tender, Pj Bupati Dinilai Takut Depak Plt Kadis PUPR

Ilustrasi.

WEDA-pm.com, Sejak Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadis Dispemda), Arif Djalaludin ditunjuk Penjabat (Pj) Bupati Halmahera Tengah (Halteng) sebagai pelaksana tugas (Ppt) Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), beberapa paket proyek harus ditender ulang.

Ini menyusul dugaan intervensi Plt Kadis PUPR dalam proses tender sertan belum rampungnya realisasi maupun serapan anggaran di dinas yang dipimpin Arif.

Pj Bupati Halteng Ikram Malan Sangadji dikonfirmasi belum lama ini mengatakan, semua OPD berpeluang untuk dirotasi.

"Kami dalam persiapan pengajuan ke pusat untuk mendapat rekomendasi persetujuan dari Kemendagri BKN dan KASN," ujarnya pada 20 September 2023.

Sementara, tokoh masyarakat Weda, Syarif Kasim mempertanyakan sikap kepemimpinan PJ Bupati Halteng yang seolah 'takut' mendapam Arif Djalaludin dari jabatannya sebagai Plt Kadis PUPR.

"Masalahnya Pj bupati sepertinya tidak berani, karena tidak punya nyali atas persoalan-persoalan yang terjadi saat ini," ujar Syarif, Selasa (03/10/2023).

Syarif menjelaskan jika dilihat dari proses tender proyek dan banyaknya terkesan lambat dikerjakan, maka bisa ditarik satu kesimpulan kalau manajemen pengelolaan pekerjaan di PUPR Halteng sangat lemah.

"Atas persoalan ini, menunjukkan adanya perilaku koruptif, di satu sisi juga berpotensi melakukan perbuatan pelanggaran hukum," bebernya.

Syarif pun berpendapat jika Ikram berani mendepak Arif Djalaludin maka persoalan daerah yang kini menjadi atensi publik dengan sendirinya bisa teratasi.

"Intinya, kalau Pj berani mengambil kebijakan melepaskan Arif, maka apa yang menjadi persoalan hari ini akan mencair," tandasnya.

Sementara, Kadis PUPR Halteng, Arif Jalaludin enggan memberikan tanggapan terkait beberapa pertanyaan yang disampaikan jurnalis media ini.

Adapun, pertanyaan tersebut, yakni jumlah proyek bersumber dari APBD Halteng pada 2022 yang pekerjaannya tidak dapat diselesaikan sampai 31 Desember lalu, namun telah diluncurkan di 2023, berapa persen realisasi serapan pekerjaan di 2023 di bawah nauangan PUPR Halteng yang sudah rampung, bidang apa saja dan berapa besaran anggarannya yang dikucur Dinas PUPR Halteng. Dan, berapa total anggaran dari sekian proyek luncuran yang akan dikerjakan di 2023 ini

Komentar

Loading...