Festival Marabose 2023 Resmi Dihelat

Bupati Usman Sidik didampingi Ketua TP-PKK, Hj Eka Dahliani dan Sultan Palembang Darussalam Sultan Mahmud Badaruddin didampingi Permaisuri saat pembukaan Festival Marabose.

LABUHA-pm.com, Festival Marabose 2023 resmi bergulir pada Selasa (8/8/2023) malam.

Bupati, Usman Sidik membuka secara resmi Festival Marabose disertai Kololi Kie dari Tahane kemudian dilanjutkan pameran expo dan tradisi makanan adat 22 Etnis yang mendiami Kabupaten Halmahera Selatan.

22 etnis tersebut diantaranya, Ikatan Keluarga Besar Makian dan Kayoa (Makayoa), Ikatan Keluarga Tidore (IKT), Ternate, Tobelo Galela (Togale), Ikatan Keluarga Madura, Sulawesi Selatan, Papua, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Tomia, Gorontalo, Maluku dan Timor (IKAMATI), Kerukunan Keluarga Kawanua, Maluku Tenggara, Jawa, Paguyuban Arab, Paguyuban Bajo, Ikatan Keluarga Minang, Pasundan, Sula, Bacan dan juga Tionghoa.

Dalam sambutannya, Bupati Usman Sidik mengatakan, Festival Marabose merupakan event tahunan yang diselenggarakan pemerintah daerah, sebagai upaya menghidupkan ingatan generasi muda tentang sejarah Halmahera Selatan dan asal usul Kesultanan Bacan.

Kesultanan Bancan kata dia, tidak terlepas dari kisah perjalanan Sultan Mahmud Albakir dengan perangkat adatnya dari Dauri Tahane Limau Sigara atau yang disebut Limau Sigara Dolik mara Kie besi Makian melalui perjalanan kemaritiman yang disebut dengan "Marabose".

Selain merawat ingatan, Festival Marabose sambung bupati, para pengunjung juga bisa lebih mengenal Halmahera Selatan, baik dari sejarah, kuliner bahari dan keindahan alam Bumi Saruma, juga Burung Bidadari Sibela yang diabadikan pemerintah daerah menghiasi tugu zero point sebagai sebuah icon.

Pada pagelaran Festival Marabose juga dihadiri Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn didampingi Permaisuri serta sejumlah perangkat adat Palembang.

Diketahui, tarian perjalanan Sultan Bacan Pertama dalam perjalanan kemaritiman juga ikut diperagakan pada Festival Marabose ke II tahun 2023 itu.

Komentar

Loading...