HCI Gelar Pelatihan Olahan Kelapa Kampung dan Penyuguhan Kuliner Lokal

sosialisasi dan Pendampingan suguhan kuliner di Desa Lelei dan pelatihan olahan minyak kelapa kampung di Desa Laromabati, Kecamatan Kayoa Utara.

LABUHA-pm.com, Halsel Creative Institut (HCI) menggelar kegiatan sosialisasi dan pendampingan suguhan kuliner di Desa Lelei dan pelatihan olahan minyak kelapa kampung di Desa Laromabati, Kecamatan Kayoa Utara.

Di Desa Laromabati, kegiatan lebih mengarah pada pendampingan olahan minyak kelapa kampung yang sukses diikuti tiga desa dari Kecamatan Kayoa Utara, yakni Modayama, Laromabati dan Ngokomalako. Sementara untuk di Desa Lelei terkait penyuguhan kuliner lokal yang diikuti tiga desa, Kecamatan Kayoa yaitu,
Dorolamo, Buli dan Lelei.

Kegiatan yang bertajuk "Kolaborasi Membangun Ekonomi Kreatif Dari Desa" dilaksanakan selama empat hari, 21-24 Agustus 2023. Dihadirkan juga dua instruktur yaitu, Fistiqlal Fabanyo dari Sabua Kelapa dan Owner Pisang Kripik Lumer, Alhassby Marengke.

Direktur Eksekutif HCI, Faisal Umar Djafar Kao mengatakan, kegiatan kali ini tidak terfokus pada sosialisasi saja, tetapi disertai dengan praktik di lapangan secara langsung.

Ia memaparkan, semisalnya di Desa Laromabati, pihaknya telah mengarahkan dan mengajarkan cara mengolah kelapa kampung dengan baik. Bahkan cara-cara mengemasnya guna mempunyai daya saing itupun juga diajarkan dengan komplit.

"Tujuannya, kita ingin beritahu tau ke masyarakat bahwa potensi kelapa di desa-desa tidak bergantung pada kopra saja. Namun, kelapa-kelapa mereka justru dapat di olah dalam bentuk lain yang memiliki nilai ekonomis, salah satunya menjadikan minyak kelapa kampung yang diberi label dan diuji komposisinya, sehingga mampu bersaing di pasaran,” katanya

Sedangkan di Desa pulau-pulau Guraici, lebih kepada hospitality dan cara penyuguhan makanan lokal sebagai daya tarik wisata kuliner.

"Alhamdulillah banyak masyarakat terutama ibu-ibu antusias mengikuti kegiatan ini,” ujarnya

Sementara, Pembina HCI, Fadila Mahmud l, sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas aksi kolaborasi yang di gagas HCI dalam kegiatan ini.

Anggota DPRD Dapil II Makian-Kayoa ini berharap, kedepannya agenda-agenda seperti ini terus berkolaborasi menghadirkan narasumber-narasumber yang berkompeten lagi untuk membina masyarakat agar terus kreatif dan berinovasi.

"Kalau ini terus dilakukan dan dikembangkan, yakin dan percaya setiap desa kalau bisa memiliki produk unggulan masing-masing. Dan kesemuanya akan dapat kita wujudkan kalau pemerintah desa, lembaga terkait (Stakeholder) dan masyarakat mampu bekerjasama dan saling mendukung satu sama lain,” pungkasnya.

Komentar

Loading...