poskomalut.com
baner header

Ini Bahaya Mandi Malam yang Harus Diketahui

Padatnya aktivitas seharian membuat banyak orang beraktivitas hingga malam hari, hal ini  membuat sebagian  orang harus membersikan diri atau mandi dimalam hari. Tetapi tidak  sedikit pula orang menunda aktitas  mandinya  di siang atau sore hari, sampai harus mandi pada malam hari. meskipun dengan  tujuan  untuk menyegarkan badan, membuat badan lebih  segar terasa dan tidur malamnya nyaman, dan nyeyak.

Sebenanya mereka  tidak  menyadari betapa  bahayanya  mandi malam bagi kesehatan. Sering kali Orang tua kita  melarang kita untuk mandi malam, karena berbahaya  bagi kesehatan. Seperti yang disebutkan  pakar kesehatan, dilansir dari Dokter Sehat.com,Kamis,(14 /11/19). Berikut ini ada beberapa poin bahaya mandi malam bagi kesehatan, dan apa saja  efek mandi malam.

1.        Penuaan Dini

Mandi malam dapat mempercepat penuaan dini pada diri kita. Hal ini disebabkan karena gangguan metabolisme tubuh, yang berimbas pada proses  metabolisme lemak yang tidak lancar akhirnya bisa menyebabkan kulit berkeriput. Tentunya kita ingin  menghindari dari bahaya mandi  malam yang satu  ini.

2.        Asam Urat

Efek dari mandi  malam dengan air dingin juga beresiko pada rasa nyeri dibagian persendian, hal ini sangatlah mungkin mengakibatkan asam urat terkena pada diri kita. Disini kami tidak  menjelaskan secara detail apa itu penyakit asam urat karena fokus kita pada  bahaya yang ditimbulkan mandi malam.

3.        Paru-paru Basah

Mandi malam memang bukan menjadi salah satu faktor utama sesorang terkena penyakit paru-paru basah, karena paru-paru basah hanya bisa disebabkan oleh infeksi atau penyakin lain yang diderita sebelumnya. Namu, suhu udara malam hari cenderung lebih dingin dan menusuk, di tambah lagi dengan mandi malam dengan air yang dingin. Membuat resiko terkena infeksi paru-paru lebih meningkat. Pasalnya, suhu udara yang dingin membuat saluran pernapasan kita kering dan kita pun rentan terinfeksi.

4.    Demam

Pada malam hari suhu udara cenderung dingin,maka suhu tubuh kita sedkit meningkat. Otomatis pori-pori akan terbuka dan panas tubuh akan meningkat, apabila, kita mandi pada malam hari dengan air yang dingin. Maka air akan meresap dalam pori-pori yang terbuka membuat suhu tubuh dan air tercampur,  ini akan  membuat sistem kekebalan tubuh  kita menurun dan muda terserang virus, tubuh kita terasa panas dingin lalu meyebabkan demam.

 5.     Masuk Angin

Apabila kita selesai beraktivtas apa saja, terutama bekerja pada malam hari. Sebaiknya kita tidak manda pada malam hari, karena  tidak  hanya  mengakibatkan demam, mandi malam juga dapat menyebabkan kita masuk angin bahkan pilek. Karena malam hari adalah waktu untuk tubuh kita beristirahat, disarankan kita agar membersikan pada bagian anggota tubuh tertentu, seperti wajuh, mulut, tangan dan  kaki saja sebelum tidur. Hal ini agar kita terhindar dari bahaya penyakit lain yang dapat menyerang tubuh kita.

6.    Rematik

Penyakit rematik merupakan penyakit autoimun, penyakit yang terjadi pada peradangan sendi, sehingga orang yang terkena penyakit ini, Merasakan sakit pada persendian. Mandi malam juga dapat menyebabkan rematik. Meskipun belum jelas apa penyebab utama pmeyakit ini, tetapi menurut parah ahli kesehatan penyakit rematik disebabkan kelainan genetik, dan  menyerang orang-orang yang produktif.

7.    Ostoeporosis

Sangat mengejutkan! Penyakit yang disebabkan menurunya kepedatan tulang ini bisa saja terkena pada orang yang sering mandi malam. Pengeroposan tulang dapat juga disebabkan karena kurang berolah raga dan kurang bergerak aktif pada waktu yang lama. Setalah kita suda mengetahui bahaya mandi malam yang mungkin saja dapat menyerang diri  kita, Disarankan agar kita mengurangi aktifitas atau kebiasaan mandi pada malam hari. “salam sehat”.(DokterSehat.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: