poskomalut.com
baner header

Inspektorat Malut Diperintah Audit Proyek Rumah Ibadah Bermasalah

Berdasarkan Temuan Pansus DPRD Malut

SOFIFI-PM.com, Proyek pembangunan rumah ibadah, seperti masjid di beberapa desa di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang menjadi temuan Pansus DPRD Malut terhadap LKPJ Gubernur Malut tahun 2019, ditanggapi Wakil Gubernur Malut M Yasin Ali. Menurutnya jika kegiatan itu merugikan orang lain, maka perlu dilakukan audit.

“Selaku wagub tugasnya mengawasi, namun sejauh ini saya belum dapat laporan dari Inspektorat yang baru ini, namun jika kegiatan itu merugikan banyak orang maka segera audit,” tegas Wagub.

Orang nomor dua di Pemprov Malut itu mengaku, belum mengetahui terkait dengan dugaan proyek pembangunan rumah ibadah dibeberapa kabupaten, yang diduga bermasalah berdasarkan temuan Pansus DPRD.

”Baru dengar ini, jadi nanti PPK dan kepala dinas yang bertanggung jawab temuan tersebut,” katanya.

Sekedar diketahui laporan temuan  Pansus DPRD Malut atas LKPJ tahun 2019 yakni Pembangunan masjid Al Mubaraq Kukupang, Kasiruta Barat dengan nilai kontrak Rp. 409.567.000, realisasi keuangan 30 persen, hasil di lapangan baru berkisar 50 persen  direkomendasikan untuk dilakukan Audit Investigasi oleh Inspektorat.

Pembangunan Masjid Loleo Jaya Tahap II, Kasiruta Timur dengan nilai Kontrak Rp. 784.298.000. Realisasi keuangan 72 persen, fisiknya 100 persen dengan total anggaran kurang lebih Rp. 1,5 miliar, progress fisknya baru sekitar 35 persen dan belum fungsional direkomendasikan dilakukan Audit Perencanaan dan Audit Investigasi oleh Inspektorat.

Pembangunan masjid Marituso, Kasiruta Timur dengan nilai kontrak Rp.418.866.000, progress keuangan 100 persen, progress fisik 100 persen, tapi fakta di lapangan hanya berupa rangka kolom dan balok serta belum fungsional. Ini juga direkomendasikan untuk evaluasi perencanaan dan harga satuan.

Sementara Kepala Inspektorat Provinsi Malut Nirwan MT Ali saat dihubungi wartawan melalui telepon seluler, belum juga direspon sampai berita ini diterbitkan. (iel/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: